Saturday, 01 April 2023 08:51

Menlu RI Sampaikan Surat Presiden Joko Widodo kepada Presiden Korea Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan surat Presiden Joko Widodo kepada Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. Dalam kunjungan kehormatan itu, Menlu Retno Marsudi menyampaikan harapan agar kedua negara dapat memperkuat kerja sama pembangunan ekosistem kendaraan listrik.

"Harapan Indonesia agar Korea dapat terus memperkuat kerja sama pembangunan ekosistem kendaraan berbasis baterai," katanya dalam keterangan yang disampaikan, Jumat (31/3).

Menlu Retno juga menyampaikan apresiasi Indonesia terhadap minat besar Korea dan pengusahanya untuk melakukan kerjasama dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), terutama dibidang smart cities dan water management.

Retno Marsudi juga mengajak Presiden Yoon agar Korea Selatan dapat bergabung sebagai founder dari Global Blended Finance Alliance (GBFA) yang telah diluncurkan di sela-sela KTT G-20 di Bali, November lalu. 

"GBFA ditujukan untuk memobilisasi sumber pendanaan untuk pencapaian SDGs," kata Retno.

Dirinya pun menyampaikan pentingnya sinergi, antara the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific serta strategi Indo-Pasifik Korea Selatan untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Sementara itu Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menyampaikan dukungan penuh terhadap Keketuaan Indonesia, baik di ASEAN maupun di MIKTA. Menurut Retno, Presiden Yoon juga menyatakan kesiapannya untuk bersinergi di dalam kerangka AOIP dan strategi Indo-Pasifik Korea Selatan. 

"Dan (Presiden Yoon) berencana akan hadir dalam KTT ASEAN bulan September mendatang," tutup Retno.

Read 189 times