Saturday, 01 April 2023 21:50

PTQ ke-53 RRI Digelar di Kendari

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Radio Republik Indonesia (RRI) kembali menggelar Pekan Tilawatil Quran tahun 2023. PTQ dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pembukaan PTQ ke-53 ini digelar di arena Tugu Persatuan, kota Kendari, Sabtu (1/4), dan dihadiri sejumlah pejabat baik daerah maupun pusat.

Acara pembukaan PTQ ke-53 dihadiri oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara Abdurrahman Shaleh, anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara Tina Nur Alam, anggota DPD RI Dapil Sulawesi Tenggara Andi Nirwana, dan Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Bambang.

Hadir pula Ketua dan anggota Dewan Pengawas LPP RRI, Direktur Utama dan jajaran direksi LPP RRI, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Walikota dan Bupati se-Sulawesi Tenggara.

Sebanyak 222 finalis PTQ tingkat nasional perwakilan dari 17 Koordinator Wilayah (Korwil) Radio Republik Indonesia (RRI) akan bertanding sejak 1 – 6 April 2023.

Ada empat katagori yang diperlombakan pada PTQ ke-53 yaitu Tilawah, Tahfidz, Tausiah serta Tartil Qur’an khusus bagi penyandang disabilitas Sensorik Netra putra-putri.

Dalam keterangannya pada Jumat (31/3) di Kendari, Direktur Utama LPP RRI I. Hendrasmo mengatakan, event PTQ merupakan salah satu bentuk layanan publik LPP RRI yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh kantor LPP RRI yang berjumlah 72 Satker/Satuan Kerja, yang antara lain bertujuan menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan.

Tahun ini PTQ mengambil tema Mewujudkan Masyarakat yang Toleran, Berkarakter Qurani untuk Indonesia Kuat. Hendrasmo mengatakan tema ini diambil sebagai komitmen bersama untuk membangun Indonesia sesuai cita-cita pendiri bangsa.

“Penetapan tema ini sebagai pengingat bagi setiap anak bangsa untuk tetap mewarisi dan merawat kebhinekaan sebagai komitmen bersama membangun Indonesia yang bermartabat, adil, makmur dan sejahtera sebagaimana cita-cita bangsa Indonesia,” katanya.

Ditambahkan, selain untuk menyemarakkan bulan Ramadhan, pada PTQ tahun ini RRI juga masih mengusung kegiatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi (UMKM) serta kearifan lokal dengan berbagai karya nyata yang dapat diperlihatkan dalam berbagai kegiatan dan pameran selama berlangsungnya PTQ.

PTQ RRI tahun 2023 ini secara total diikuti 3.815 peserta dari seluruh Indonesia atau naik sekitar 29% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang diikuti oleh 3.085 peserta.

Read 189 times