Saturday, 22 April 2023 13:44

Ribuan Masyarakat Indonesia Gemakan Takbir Kemenangan di Bangkok

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Lebih dari 1.800 orang masyarakat Indonesia berkumpul di lapangan sepakbola KBRI Bangkok untuk mengikuti sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H., Sabtu (22/4/2023).

Menurut keterangan resmi KBRI Bangkok yang diterima pada Sabtu di Jakarta, masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai wilayah di Thailand dengan khusuk dan khidmat menikmati alunan takbir dan tahmid yang dilantunkan sejak pagi hingga pelaksanaan Sholat Idul Fitri secara bersama-sama.

Sholat Ied tahun ini dipimpin oleh Imam Dr. H. Muhammad Hosnan, L.C, M.A., sementara khutbah disampaikan oleh Drs. H. Engkos Kosasih, LC, M.A., yang khusus datang dari Indonesia untuk melakukan kegiatan pembinaan rohani, dakwah, dan pengajaran singkat Bahasa Arab bagi masyarakat Indonesia di lingkungan Masjid As-Syafier KBRI Bangkok selama bulan suci Ramadhan.

“Melalui tema “Tingkatkan rasa syukur kembali menikmati Hari Kemenangan, Idul Fitri, dalam situasi lebih normal,” Khatib menyampaikan umat Islam patut bersyukur karena Ramadhan tahun ini dilalui tanpa wabah pandemi Covid-19,” tulis KBRI.

Khatib menyampaikan energi kebaikan di bulan Ramadhan harus tetap dipertahankan untuk memupuk ikatan keislaman, ke-Indonesiaan dan kemanusiaan dengan baik, menuju sikap beragama yang ramah dan rahmah.

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman, menyampaikan apresiasi kepada semua WNI di Bangkok yang senantiasa mendukung berbagai kegiatan KBRI Bangkok.

“KBRI Bangkok akan selalu terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat Indonesia guna dapat meningkatkan mutu pelaksanaan tugas, khususya pelayanan dan perlindungan WNI,” katanya.

Usai pelaksanaan sholat Ied, KBRI Bangkok menggelar Open House untuk ajang silaturahmi dan halal bihalal. Masyarakat mengikuti kegiatan ini dengan cukup antusias, terlihat dari antrean yang mengular untuk bersilaturahmi dengan Duta Besar Rachmat Budiman beserta Ibu Riet Rietanty Budiman serta para staf KBRI Bangkok.

“Suasana riang dan senang mewarnai kepadatan masyarakat yang hadir di KBRI Bangkok,” tulis KBRI.

Dalam kesempatan itu, KBRI Bangkok juga menyiapkan jamuan makanan khas Indonesia guna mengobati rasa rindu terhadap tanah air. Sejumlah menu hadir mewarnai Open House diantaranya nasi, lontong, rendang, sayur godok, semur ayam dan tahu, serta telur balado hijau.

“Tidak ketinggalan, sajian kuliner makanan ringan lainnya seperti sosis solo, lapis surabaya dan es krim “Nong-Nong” juga dihidangkan untuk masyarakat yang datang. Masyarakat terlihat menikmati hidangan tersebut sambil bercengkrama dan bersenda gurau dengan sesama WNI lainnya,” tulis KBRI.

Bagi sebagian besar mahasiswa Indonesia di Thailand, kegiatan Sholat Idul Fitri di Perwakilan Indonesia di luar negeri menjadi pelengkap dalam merayakan hari istimewa lebaran. Meskipun tidak dapat berkumpul langsung dengan keluarga inti di Indonesia, namun suasana KBRI Bangkok dan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan teman dan sesama warga Indonesia menjadi pengganti momentum yang sangat berharga tersebut.

Kegiatan Sholat Idul Fitri dan halal bi halal tahun 1444H di KBRI Bangkok didahului dengan takbir bersama di Masjid As-Syafier KBRI Bangkok sejak malam sebelumnya. Panitia Ramadhan juga telah melakukan pembagian zakat fitrah kepada masyarakat yang kurang beruntung di wilayah Bangkok dan sekitarnya. Sementara sebagian zakat fitrah lainnya disalurkan kepada saudara-saudara yang kurang beruntung di berbagai wilayah di tanah air melalui yayasan Dompet Dhuafa.

Read 201 times Last modified on Saturday, 22 April 2023 13:50