Sunday, 23 April 2023 07:51

Halal Bi Halal KBRI Wina Simbol Toleransi dan Keberagaman Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: KBRI Wina menyelenggarakan halal bi halal setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 H di pekarangan KBRI/PTRI Wina yang jatuh pada Jumat (21/4/2023). Halal bi halal dihadiri bukan saja oleh masyarakat Indonesia beragama Islam namun juga masyarakat beragama lain dan diaspora Indonesia.

“Hari ini merupakan hari kemenangan bagi Saudara kita yang melakukan ibadah puasa sebulan penuh. KBRI/PTRI Wina untuk pertama kali setelah pandemi memberanikan diri untuk melakukan halal bi halal atau kumpul bersama seluruh masyarakat, baik yang merayakan kemenangan dan juga warga Indonesia penganut agama lain yang turut berbahagia atas hari kemenangan ini.” ujar Dr. iur. Damos Dumoli Agusman, Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia, PBB dan Organisasi Internasional di Wina dalam sambutannya yang dikutip dari keterangan KBRI Wina yang diterima, Minggu (23/4/2023).

Ia menambahkan, halal bi halal juga menjadi sarana memperkuat persaudaraan sesama warga negara Indonesia dan juga diapsora demi kemajuan bangsa.

“Tahun 2024 Indonesia akan merayakan Pesta Demokrasi dan kita di luar negeri juga agar terus mencermati perkembangan di Tanah Air guna dapat mempergunakan hak politik individu kita secara bijak dalam menentukan masa depan negara kita tercinta,” katanya.

Romo Thomas Julivadistanto, Ketua dari Keluarga Kristen Indonesia di Austria (KKIA), yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan bingkisan berupa Kue Tart bertuliskan Selamat Idul Fitri 1444 H. Budaya saling mengucapkan selamat hari raya antar umat beragama Indonesia di Austria ini telah terbentuk sejak lama dan menjadi fondasi kokoh persatuan masyarakat Indonesia di Austria.

Sebagai salah satu persembahan KBRI/PTRI Wina, Akio Alfiano Tamala, Wakil Kepala Perwakilan RI Wina, telah menggubah lagu berjudul “Bertemu lagi Ramadhan” sebagai persembahan bagi warga negara dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia yang merayakan hari kemenangan. Lagu tersebut selain menjadi theme song video ucapan Selamat Idul Fitri 1444 H yang ditayangkan pada kesempatan Halal bihalal.

Sementara itu dalam khutbah sholat Idul Fitri, penceramah Ustadz Andi Ahmad Junirsah, profesional Indonesia di International Atomic Energy Agency (IAEA), menyampaikan pentingnya ibadah bulan Ramadhan untuk memperkuat keimanan dalam menghadapi tantangan dunia modern saat ini.

Sholat Idul Fitri 1444 H terselenggara atas kerja sama KBRI/PTRI Wina dengan Warga Pengajian Austria (Wapena) sebagai puncak dari rangkaian kegiatan Ramadhan bagi masyarakat muslim Indonesia di Wina dan sekitarnya. Selama Ramadhan, KBRI dan Wapena kerap menggelar kegiatan keagamaan, termasuk pelaksanaan kajian agama dan Shalat Tarawih rutin tiga kali seminggu, yaitu dua kali di Masjid As-Salam setiap Selasa dan Kamis, serta setiap Sabtu di KBRI/PTRI Wina.

Selain penceramah internal Wapena, beberapa penceramah tamu yang hadir secara online, antara lain Imam Syamsi Ali dari New York dan Ust. Adiwarman Karim dari Jakarta. Tahun ini juga kembali di gelar kegitan i’tikaf di masjid milik Wapena jelang penghujung bulan suci Ramadhan.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri dan halal bihalal di KBRI/PTRI Wina dihadiri oleh sekitar 400 warga negara dan diaspora Indonesia yang datang dari kota Wina dan sekitarnya. Hadir pula rombongan dari Graz kota kedua terbesar di Austria dan kota Villach di ujung Barat Austria yang berbatasan dengan Itali dan Slovenia, sekitar 4 jam dari ibukota Austria.

Selain merayakan kemenangan setelah beribadah di bulan Ramadhan, kesempatan berkumpul tersebut juga digunakan untuk kembali menjalin silaturahmi dan kekerabatan antar masyarakat Indonesia di Austria yang selama masa pandemi sempat terhambat karena pembatasan yang ketat. Pembatasan tersebut telah berangsur dicabut sejak Agustus 2022 dan praktis saat ini sudah tidak ada lagi pembatasan yang diberlakukan di Austria.

Read 278 times