Thursday, 08 June 2023 14:48

Erasmus Huis Jakarta Gelar Pameran“Litter Critters”: Sampah Menyatu Dengan Alam

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta : Merayakan Hari Laut Sedunia pada 8 Juni 2023 Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis Jakarta meluncurkan pameran seni bertajuk “Litter Critters”. Pameran seni ini digelar untuk mengakomodir ide dari seorang ahli Biologi dan seniman visual wanita asal Belanda bernama Arike Gill.

 

Ide Arike Gill ini kemudian membawa seni yang unik dengan memperlihatkan bagaimana sampah secara ironis menyatu dengan alam dan manusia, khususnya selama berlangsungnya pandemi Covid-19 dalam 3 tahun terakhir.

 

Arike Gill sebagaimana dikutip dari siaran pers Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis diterima Voice of Indonesia, di Jakarta, Kamis (08/06/2023), menceritakan ide tentang litter critters (hewan sampah) ini muncul ketika Arike berjalan-jalan di taman-taman kota, taman nasional dan sepanjang pantai Laut Utara di Belanda selama diberlakukannya lockdown.

 

Arike mengaku aktifitas jalan-jalannya tersebut ditemani kedua anaknya dan seorang pemandu, ia mencari hewan kecil. Lalu ia tidak hanya menemukan hewan-hewan kecil namun juga sampah dalam jumlah yang sangat banyak.

 

Dia pun tergerak dan mulai mengumpulkan bungkus permen, kaleng kosong, masker medis, dan sampah lainnya yang sebagian besar merupakan sampah plastik. Melihat sampah sebagai pendatang baru di alam, dia mulai menggambar apa yang ia sebut sebagai litter critters.

 

“dan pertama saya agak terkejut karena agak kotor saya tidak terlalu menyukainya tetapi kemudian saya mulai melihatnya dengan lebih perhatian dan melihat keindahan di dalamnya jadi saya mulai mengambil foto-foto darinya dan kemudian saya menggambar mereka seperti binatang,” kisahnya.

 

Pihak Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis Jakarta menyebut selama pameran, pengunjung dapat berpartisipasi dengan membuat hewan sampah mereka sendiri dan menghidupkan lanskap Indonesia yang indah. Pameran ini dipusatkan di Erasmus Huis Jakarta pada 8 Juni 2023 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2023.(yb/gus)

Read 296 times