Monday, 24 July 2023 15:17

Menerima Menlu Portugal, Menlu RI Soroti Pencapaian Kerja Sama Kedua Negara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Portugal Joao Gomes Cravinho, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, di Jakarta, Senin (24/7). Menurutnya, kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Menlu Portugal dalam satu dekade terakhir.

“Kunjungan anda menciptakan momentum baru bagi kedua negara untuk semakin mempererat hubungan bilateral,” kata Retno dalam keterangan bersama yang disampaikan usai pertemuan.

Pertemuan kedua Menlu itu menyoroti sejumlah perkembangan dalam hubungan kemitraan Indonesia dan Portugal. Retno Marsudi menyoroti tingginya investasi Portugal di Indonesia yang terus meningkat hingga 2,000 persen sejak 2019-2022.

“Investasi pada energi terbarukan dan ekonomi biru dibahas sebagai sektor prioritas,” kata Retno.

Sementara di sektor kerja sama kelapa sawit, Menlu Retno menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Portugal terhadap kelapa sawit asal Indonesia. Menurutnya, impor kelapa sawit dari Indonesia meningkat 77 persen sejak tahun 2019-2022.

“Kenaikan tersebut dipicu oleh insentif impor turunan minyak sawit sebagai bahan baku biodiesel,” katanya.

Hal yang sama juga terjadi pada kerja sama energi. Menurut Retno, dirinya mengapresiasi komitmen dan tujuan bersama kedua negara dalam hal energi baru dan terbarukan.

Selain itu kedua Menlu juga membahas kerja sama sektor maritim. Retno mengatakan, ada 300 orang awak kapal penangkap ikan asal Indonesia yang telah berkontribusi pada perekonomian Portugal.

“Kami membahas langkah-langkah untuk menjaga kepentingan mereka termasuk melalui sertifikasi dan peningkatan kapasitas. Kami juga menjajaki kolaborasi dalam ekonomi biru, perikanan, dan memerangi IUU Fishing,” katanya.

Pertemuan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Portugal Joao Gomes Cravinho juga dimanfaatkan untuk membahas sejumlah isu regional dan global. Menurut Retno, pertemuan itu telah menghasilkan sejumlah catatan positif dalam kerja sama kedua negara.

Read 292 times