Thursday, 10 August 2023 13:10

Jelang Harsiarnas ke-90 dan Rakornas KPI, Kepulauan Riau Bertekad Dukung Digitalisasi Siaran

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

VOInews, Jakarta: Persiapan jelang puncak peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-90 di Kepulauan Riau telah hampir selesai. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepulauan Riau (Kepri), Hasan, mengatakan setelah rapat bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Ubaidillah beberapa waktu lalu, progres persiapan kegiatan tersebut telah mencapai 90 persen.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah merampungkan persiapannya hampir 90 persen, tinggal 10 persen terkait teknisnya saja,” katanya dalam wawancara khusus dengan Voice of Indonesia RRI, Selasa (9/8).

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri berbangga karena telah dipilih sebagai tuan rumah puncak peringatan Harsiarnas ke-90, yang diselenggarakan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI 2023 ini. Selain kesiapan dari Pemprov Kepri, pengalaman menjadi tuan rumah berbagai kegiatan nasional menjadi alasan pemerintah menunjuk Kepri sebagai tuan rumah. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa wilayah perbatasan, seperti Kepulauan Riau yang memiliki 22 pulau terluar dan berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga, dapat menggelar kegiatan berskala nasional.

Kepri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dapat menikmati siaran-siaran dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. Meski demikian, dengan sekitar 26 kanal televisi nasional yang dapat dinikmati masyarakat Kepulauan Riau, Hasan mengungkapkan bahwa pilihan-pilihan siaran telah didominasi oleh media nasional.

“Ini adalah tantangan kita, bagaimana siaran-siaran hari ini harus bisa dikemas dengan baik terkait dengan kualitas maupun segmen-segmen yang menarik,” tuturnya.

Hasan menyebut, Pemprov Kepri berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, KPI, dan lembaga-lembaga penyiaran nasional terkait penyediaan infrastruktur digital, terutama dalam rangka peralihan siaran televisi dari analog ke digital. Peralihan ini, menurutnya, sudah mencapai tiga tahap penyelesaian. Pemprov Kepri mengklaim telah membagikan sekitar 45.000 unit set-top box kepada masyarakat, termasuk di pulau-pulau terluar, agar dapat menikmati siaran digital.

Selain itu, ia mengatakan, Pemprov Kepri juga berkoordinasi dengan KPID Provinsi Kepulauan Riau agar kebudayaan daerah di Kepulauan Riau, khususnya budaya Melayu, dapat disiarkan di siaran lokal untuk memenuhi syarat minimal 10 persen konten lokal. Oleh karena itu, menurutnya, pembuatan konten-konten lokal juga perlu dimasukkan di anggaran pemerintah daerah.

“Saya kira tidak terlalu besar juga (anggarannya), tapi yang terpenting adalah komitmen (dari pemerintah daerah),” katanya.

Puncak peringatan Harsiarnas ke-90 dan Rakornas KPI 2023 akan diselenggarakan pada 10-13 Agustus 2023 di Lagoi Bay, Kabupaten Bintan, Kepri, dengan mengusung tema “Dari Perbatasan, Wujudkan Siaran yang Ramah, Bermartabat, dan Berbudaya”. Kegiatan ini terdiri dari beragam agenda, seperti lokakarya digitalisasi siaran serta dialog interaktif bersama Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Selain itu, dalam kegiatan ini juga digelar simbolisasi penanaman mangrove, pameran UMKM, dan acara hiburan. (VOI/Rama)

Read 319 times Last modified on Sunday, 13 August 2023 10:23