Thursday, 10 August 2023 20:06

IDN Global akan Gelar Kongres Diaspora Indonesia ke-7 di Jakarta

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Indonesian Diaspora Network (IDN) Global akan melaksanakan Kongres ke-7 pada Sabtu (12/8), di Jakarta. Kongres Diaspora Indonesia (CID) ke-7 mengangkat tema Empowering Indonesian Diaspora in The Strategy of Nation Branding Towards Indonesia 2045 atau Memberdayakan Diaspora Indonesia dalam Strategi Citra Positif Bangsa Menuju Indonesia 2045.

“Jadi kami diaspora melihat bahwa aspek Nation Branding itu atau citra positif bangsa sangat penting bagi sebuah bangsa. Dan bagi Indonesia momennya adalah saat ini di mana kita mendapat begitu banyak sorotan yang positif dari di mata dunia dan kita sedang berjalan menuju usia 100, usia emas di tahun 2045 nantinya,” kata Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (10/8).

Selain itu, menurutnya, tema ini diangkat mengingat karakteristik diaspora Indonesia yang tinggal di luar negeri dan memiliki akses berkomunikasi dengan masyarakat internasional.

“Jadi kami diaspora Indonesia bukan hanya human capital namun juga social capital yang strategis bagi bangsa Indonesia karena kami tinggal dan menetap di luar negeri Jadi kami adalah wajah-wajah Indonesia di luar negeri,” katanya.

Selain acara puncak Kongres Diaspora Indonesia, IDN Global juga mengadakan rangkaian kegiatan menuju CID-7, mulai dari Workshop, Focus Group Discussion, kunjungan ke Wakil MPR, penyuluhan, webinar, hingga kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN)

Sesi-sesi Kongres Diaspora Indonesia ke-7 antara lain:

  1. Pembentukan Nation Branding Menuju Indonesia 2045: Strategi dan Implementasi.
  2. Prestasi dan Karakter Pemimpin Indonesia 2045.
  3. Profesionalisme Bangsa Menuju Indonesia Emas.
  4. Peluncuran Buku dan Diskusi “Diaspora Bangga Berbangsa”.
  5. Menjadi 5 Besar Kekuatan Ekonomi di Dunia.
  6. Pertemuan Pengajar-Pegiat BIPA dan Deklarasi Menduniakan Bahasa Indonesia.
Read 223 times Last modified on Thursday, 10 August 2023 20:11