Thursday, 10 August 2023 19:31

Presiden IDN Global Sebut Pembangunan IKN Bukan Sekedar Pembangunan Infrastruktur Biasa

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

VOInews, Jakarta: Presiden Indonesian Diaspora Network (IDN) Global, Kartini Sarsilaningsih, Kamis (10/8), di Jakarta, mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan tonggak sejarah baru dalam perjalanan Indonesia menuju visi 2045 yaitu Indonesia berdaulat, maju, adil dan makmur.

“Ini sejalan dengan tema yang akan diusung dalam Congress of Indonesian Diaspora ke-7 pada tanggal 12 Agustus mendatang yaitu Empowering Indonesian Diaspora in The Strategy of Nation Branding Towards Indonesia 2045 atau Pemberdayaan Diaspora Indonesia dalam Strategi Pembentukan Citra Positif Bangsa Menuju Indonesia 2045,” katanya dalam sambutan webinar Mewujudkan IKN sebagai Kota Dunia yang Layak Huni dan Dicintai-Kontribusi Diaspora untuk Indonesia, di Jakarta, Kamis (10/8).

Ia mengatakan, meskipun diaspora terpisah secara jarak dengan Indonesia namun mereka memiliki rasa nasionalisme yang tinggi sehingga ikut merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan IKN.

“Saat ini kita berkumpul untuk merayakan semangat kolaborasi dan kerjasama serta merangkul kontribusi berharga dari diaspora Indonesia dalam mewujudkan cita-cita besar kita bangsa Indonesia,” katanya.

Menurutnya, pembangunan IKN bukan hanya sekedar proyek infrastruktur biasa, namun merupakan ajang pembuktian bahwa Indonesia mampu, dengan menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama.

“Sesuatu yang sebelumnya mungkin masih mimpi, kini sudah mulai sedikit demi sedikit menampakan potensinya untuk menjadi bukan hanya jantung Indonesia namun juga jantung dunia,” katanya.

Ia pun menyampaikan komitmen diaspora Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN. Menurutnya, diaspora Indonesia sudah terlibat dari awal perencanaan pembangunan IKN.

“Ada sahabat saya diaspora yang memenangkan lomba desain bangunan di IKN dari IDN Global Liveable Cities dan sejak tahun sejak tahun lalu IDN Global melakukan berbagai kegiatan di sektor pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan generasi muda di Kaltim agar nantinya tidak ketinggalan pada saatnya nanti banyak pendatang di Otorita IKN Nusantara ini,” katanya.

Dirinya pun mengundang partisipasi seluruh diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai pelosok dunia untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN dengan semangat membangun bersama. Menurutnya proyek monumental ini tidak hanya menjadi cerminan inovasi dan teknologi namun juga menjadi komitmen Indonesia dalam menjaga keberlanjutan kelestarian alam dan harmonisasi keragaman budaya.

Read 322 times Last modified on Thursday, 10 August 2023 19:44