Saturday, 12 August 2023 14:02

Menlu Retno Sebut Kongres Diaspora Indonesia Dilaksanakan di Waktu yang Tepat

Written by 
Rate this item
(1 Vote)




 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menilai pelaksanaan Kongres Diaspora Indonesia dilaksanakan di waktu yang tepat. Menurutnya saat ini Kementerian Luar Negeri sedang menginisiasi Peta Jalan peningkatan peran diaspora dalam pembangunan nasional. Sementara pada saat yang sama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) juga akan memasukkan kebijakan penguatan peran diaspora dalam pengembangan nasional ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029.

 

“Upaya ini diharapkan nantinya menjadi panduan bagi kementerian dan lembaga di Indonesia juga para stakeholders yang lain untuk meningkatkan peran para diaspora secara maksimal dalam berbagai sektor seperti ekonomi dan sosial budaya,” katanya dalam sambutan pada Kongres Diaspora Indonesia ke-7, Sabtu (12/8), di Jakarta, yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, Siti Nugraha Mauludiah.

 

Menlu Retno menambahkan pemulihan berbagai sektor pasca pandemi di Indonesia memerlukan kontribusi dari berbagai pihak. Menurutnya, upaya ini merupakan hal yang tidak ringan mengingat situasi global yang masih penuh tantangan.

 

“Kita selalu berupaya untuk mengajak semua pihak untuk dapat bergerak bersama menuju situasi yang lebih baik. Hal ini tentunya akan menjadi lebih mudah jika citra Indonesia di mata masyarakat internasional relatif baik,” katanya.

 

Ia menjelaskan, pencitraan yang dimaksud bukan hanya melalui tayangan iklan di berbagai media, namun akan lebih bermakna dengan pengakuan keunggulan produk maupun kualitas SDM Indonesia yang unggul.

 

“Tentunya juga hasil kontribusi diaspora Indonesia. Peningkatan keunggulan produksi Indonesia dapat dibantu pula oleh diaspora Indonesia melalui upaya membangun kerjasama dan memperluas jangkauan ekspor produk Indonesia melalui networking diaspora Indonesia berinvestasi di Indonesia,” katanya.

 

Selain itu, dirinya juga berharap kontribusi diaspora tidak hanya terpusat pada sektor ekonomi saja namun juga di berbagai sektor sesuai dengan kapasitas para diaspora. Menurutnya, diaspora dapat terus berkontribusi dalam membentuk citra positif Indonesia guna mendukung pembangunan nasional melalui visi Indonesia Emas 2045.

 

Read 293 times Last modified on Saturday, 12 August 2023 14:21