Saturday, 12 August 2023 14:19

Menlu RI Ajak Diaspora Bahu Membahu Mengembangkan SDM di Dalam Negeri

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan apresiasi atas peran diaspora Indonesia dalam mendukung upaya penanggulangan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada tahun 2020 yang lalu. Meskipun demikian, menurutnya, di tengah upaya pemulihan pasca pandemi yang saat ini tengah dilaksanakan, situasi global mengalami perubahan yang cukup memprihatinkan.

“Selain adanya ketidakstabilan keamanan di beberapa wilayah di dunia, dampak perubahan iklim serta situasi perekonomian yang kurang menggembirakan juga menjadi keprihatinan kita semua,” katanya dalam sambutan pada Kongres Diaspora Indonesia ke-7, Sabtu (12/8), di Jakarta, yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, Siti Nugraha Mauludiah.

Menlu Retno mengatakan, tantangan ini akan lebih ringan untuk ditanggulangi jika semua pihak bahu-membahu berupaya mencari solusi menuju kondisi yang lebih baik bagi masyarakat.

“Solidaritas dan kerjasama adalah satu-satunya cara kita keluar dari permasalahan yang kita hadapi,” katanya.

Menlu Retno menambahkan, dalam menghadapi kondisi global dan visi menuju Indonesia Emas 2045, pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci pengembangan Indonesia ke depan. Menurutnya, pemerintah Indonesia saat ini tengah melakukan manajemen talenta nasional sebagai salah satu bentuk pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia.

“Tujuannya adalah tersedianya SDM Indonesia yang produktif dan berdaya saing tinggi,” katanya.

Oleh karena itu Menlu Retno mengatakan, pemerintah Indonesia berkomiten untuk memberikan perhatian dan dukungan bagi diaspora Indonesia sebagai aset bangsa.

“Diaspora Indonesia diharapkan juga menjadi aset pengembangan SDM Indonesia, membantu mengindentifikasi diaspora talenta berpretasi sekaligus membantu identifikasi center of excellence di negara dimana diaspora tinggal bagi pengembangan talenta kita dari dalam negeri,” katanya.

 

Read 247 times