Sunday, 13 August 2023 06:32

Menlu RI Sebut Peran Penting Alumni BSBI Sebagai Duta Seni Budaya Indonesia dan Agen Perdamaian

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyoroti peran penting yang dapat dimainkan alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) setelah mengikuti program BSBI di Indonesia selama beberapa waktu.

"Pertama adalah duta seni budaya Indonesia," kata Menlu dalam sambutannya pada pembukaan Indonesia Channel 2023 di Jakarta, Sabtu (12/8).

Retno Marsudi mengatakan para alumni BSBI secara aktif telah mempromosikan Indonesia di 83 negara di seluruh dunia. Menurutnya, para alumni sering dilibatkan dalam berbagai pertunjukan seni dan budaya Indonesia di negaranya.

"Tentu di hadapan masyarakat setempat pertunjukan ini menjadi semakin unik dan menarik karena disuguhkan langsung oleh rekan sebangsanya," katanya.

Menlu Retno mengaku kerap bertemu dengan para alumni saat dirinya mengunjungi negara-negara sahabat dalam rangka kunjungan kerja.
"Anak-anak muda ini adalah aset yang harus kita jaga karena mereka adalah duta budaya Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, Menlu Retno mengatakan para alumni BSBI juga memainkan peran sebagai agen perdamaian dan kolaborasi. Menurutnya peran ini menjadi sangat penting di saat dunia sedang mengalami defisit kepercayaan seperti sekarang ini.

"Mereka adalah friends of Indonesia dan mereka dapat menyalurkan energi positif Indonesia," katanya.

Menlu mengatakan, proses ini akan menghasilkan kepercayaan di tengah dunia berdasarkan budaya Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika atau Berbeda-beda tapi Tetap Satu.

"Ini adalah peran strategis para alumni sebagai agen perdamaian dan kolaborasi yang membuat dunia lebih damai dan harmonis," katanya.

Indonesia Channel 2023 merupakan ajang bagi peserta BSBI tahun 2023 untuk menunjukkan kebolehannya dalam seni budaya setelah mengikuti program pengenalan seni dan budaya Indonesia selama 2 bulan di sejumlah sanggar seni di Indonesia.

Tahun ini, BSBI diikuti oleh 45 orang peserta dari 32 negara. Sejak pertama kali diadakan pada 20 tahun yang lalu, BSBI telah menghasilkan 1.024 alumni yang berasal dari 83 negara.

Read 214 times