Tuesday, 05 September 2023 12:32

Presiden Joko Widodo Meminta ASEAN Lebih Gesit

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) lebih kompak, berani, dan gesit dalam menghadapi tantangan global saat ini. 

"ASEAN juga butuh strategi taktis jangka panjang yang relevan dan sesuai dengan harapan rakyat," kata Presiden saat membuka sidang pleno KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Selasa (5/9/2023). 

Ia mengatakan, ASEAN sebagai bagian dari kawasan Indo-Pasifik konsisten bekerja keras melakukan pendekatan inklusif untuk memajukan ekonomi dan pembangunan sehingga ASEAN bisa berdampak nyata kepada rakyat dan dunia.  "

ASEAN sebagai kapal besar memiliki taggung jawab yang juga besar, pada ratusan juta jiwa rakyat yg berlayar bersama di dalamnya," katanya. 

Untuk itu, menurutnya, para pemimpin ASEAN harus memastikan kapal tersebut bisa  terus melaju dan berlayar meski berlayar di tengah badai. 

"Harus memastikan bahwa kapal ini mampu terus melaju, mampu terus berlayar, dan kita harus menjadi nakhoda di kapal kita sendiri untuk mewujudkan perdamaian, mewujudkan stabilitas, mewujudkan kemakmuran bersama," katanya. 

Presiden juga mengatakan negara-negara anggota ASEAN saat ini telah membahas penyusunan kesepakatan (concord) ASEAN ke-4 untuk merumuskan strategi organisasi itu dalam 20 tahun ke depan sampai 2045.

Read 199 times