Tuesday, 05 September 2023 15:50

Presiden Sebut AIPF 2023 Ubah Paradigma Rivalitas Menjadi Kerja Sama yang Bermanfaat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa ASEAN tidak kebal terhadap berbagai tantangan global dan rivalitas geopolitik, khususnya di kawasan Indo-Pasifik. Oleh karena itu menurutnya, ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) dilaksanakan untuk mengubah paradigma rivalitas menjadi kerja sama yang bermanfaat.

 

“ASEAN Indo-Pacific Forum hadir untuk mengubah rivalitas menjadi kerja sama yang bermanfaat serta membangun habit of cooperation yang win-win formula tanpa satu pun merasa dikucilkan,” katanya dalam sambutan pada pembukaan AIPF 2023, di Jakarta, Selasa (5/9/2023). 

 

Presiden Joko Widodo menjelaskan, AIPF 2023 memiliki sejumlah agenda utama yang akan dibahas yaitu infrastruktur hijau dan rantai pasok yang resilient. Menurutnya ekonomi ASEAN akan tumbuh lebih kokoh melalui hilirisasi industri.

 

“Pembangunan ekosistem ev adalah contoh konkret membangun rantai pasok kawasan,” katanya.

 

Hal lain yang menjadi pembahasan dalam AIPF 2023 adalah pembiayaan berkelanjutan dan inovatif. Presiden menjelaskan ASEAN membutuhkan sekitar USD29,4 triliun untuk transisi energi.

 

“Dan dibutuhkan skema pembiayaan yang inovatif melalui kemitraan yang profitable dan sustainable,” katanya.

 

Selain itu, AIPF 2023 juga memiliki agenda utama terkait transformasi digital dan ekonomi kreatif. Menurut Presiden, ekonomi digital di ASEAN pada tahun 2030 diperkirakan tumbuh hingga USD1 triliun.

 

“Adopsi inovasi digital perlu diperkuat untuk mendukung ekonomi kreatif dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah),” katanya.

 

Presiden pun menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kontribusi negara-negara ASEAN dan Mitra ASEAN sehingga terkumpul 93 proyek kerja sama senilai USD38,2 miliar dan 73 proyek potensial senilai USD17,8 miliar. 

 

“Ini mencerminkan komitmen kita to work the talk. Membangun Indo-Pasifik yang damai, yang stabil dan yang makmur. Semoga ikhtiar kita dapat memberikan manfaat yang besar bagi rakyat di kawasan dan dunia,” tutupnya.

Read 223 times