Wednesday, 06 September 2023 20:55

Kamala Harris Umumkan Rencana Pembangunan Pusat AS-ASEAN

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mengumumkan rencana AS dan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk mendirikan Pusat AS-ASEAN (US-ASEAN Center) di Washington DC. Hal itu ia sampaikan dalam pembukaan KTT ke-11 ASEAN-AS di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

 

"Hari ini saya dengan bangga mengumumkan bahwa melalui kemitraan pemerintah-swasta, kami akan mendirikan Pusat AS-ASEAN yang pertama di Washington DC," katanya.

 

Ia menjelaskan bahwa fasilitas ini akan mendukung kegiatan ASEAN termasuk pertukaran lebih lanjut masyarakat dan institusi akademis.

 

"Pusat ini akan memfasilitasi interaksi resmi ASEAN dan mendukung pertukaran lebih lanjut antara masyarakat, pelaku usaha dan institusi akademis," katanya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai pemimpin, baik ASEAN maupun AS harus mengatasi tantangan global saat ini, sekaligus berinvestasi dalam visi jangka panjang. Menurutnya, para Pemimpin harus mampu melihat kedepan dengan mengukur langkah-langkah yang diambil saat ini.

 

"AS dan ASEAN berbagi kepentingan prioritas dan visi jangka panjang," tutupnya.

Read 204 times