Wednesday, 06 September 2023 21:17

ASEAN Sambut Kanada sebagai Mitra Strategis

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

 

VOInews, Jakarta: Pemimpin ASEAN menyambut Kanada sebagai Mitra Strategis pada KTT ke-11 ASEAN-Kanada di Jakarta, Rabu (6/9/2023). Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan Kanada adalah mitra strategis ASEAN dalam membangun ketahanan pangan, hilirisasi industri serta perdagangan yang terbuka dan adil di kawasan.

 

"Hari ini kemitraan ASEAN dan Kanada memasuki fase baru, yaitu sebagai Mitra Strategis. Selamat datang di keluarga besar ASEAN, PM Trudeau. Semoga ini akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi rakyat kita dan kawasan," katanya.

 

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan harapan agar Kanada dapat menjadi jangkar perdamaian dan stabilitas kawasan.

 

"Yang menaati hukum internasional dan mendorong kerja sama yang lebih konkret dan inklusif, terutama di kawasan Indo-Pasifik," katanya.

 

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, KTT ke-11 ASEAN-Kanada secara resmi membentuk Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada melalui pengesahan Pernyataan Bersama Para Pemimpin tentang Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada (Joint Leaders’ Statement on ASEAN-Canada Strategic Partnership). 

 

Selain itu menurutnya, KTT ASEAN-Kanada juga mengadopsi Pernyataan Bersama Para Pemimpin ASEAN-Kanada tentang Penguatan Ketahanan Pangan dan Gizi sebagai Respon terhadap Krisis (ASEAN-Canada Joint Leaders’ Statement on Strengthening Food Security and Nutrition in Response to Crises).

Read 213 times