Thursday, 14 September 2023 09:13

Konjen RI Ingatkan Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Konjen RI Sydney, Vedi Kurnia Buana, Fanny Erlita Buana beserta rombongan KJRI Sydney menghadiri Kegiatan Indonesia Goes to School (IGtS) sekaligus juga “Indonesian day” pada Selasa (12/9/2023) di St Mary Star of the Sea College, Sydney.

 

Dalam kunjungan tersebut, dirinya menekankan pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dan budaya antar kedua negara, sebagai bentuk keeratan antar Indonesia dan Australia.

 

“Siswi St Mary Star of the Sea College adalah bagian dari masa depan hubungan Indonesia dan Australia. Dengan dekatnya hubungan bilateral Indonesia dan Australia saat ini serta adanya kesepakatan yang telah dimiliki oleh kedua negara tentunya akan membuka peluang yang sangat luas bagi masyarakat kedua negara,” katanya dalam keterangan KJRI Sydney yang diterima di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

 

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada sekolah dan guru yang telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran pilihan dan secara aktif turut mempromosikan bahasa Indonesia.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Saint Mary Star of the Sea College Tony Fitzgerald, mengingatkan para siswi bahwa mereka bukan hanya sebagai warga New South Wales (NSW), warga negara Australia, atau sekadar bagian dari sebuah kawasan di pasifik saja.

 

“Tidak ada lagi yang membatasi kita dalam globalisasi saat ini. Sehingga memahami bahasa dan budaya berbagai negara sesuatu yang sangat penting dalam turut membangun komunitas global,” kata Tony.

 

Tony juga memotivasi para siswi untuk terus giat belajar dan dapat jejak para pendahulu yang membuktikan telah belaj berhasil menapaki karir dengan penguasaan bahasa Indonesia.

 

Sementara itu, Lisa Cooper, guru bahasa Indonesia di sekolah tersebut mengatakan bahwa Indonesian Day mencoba memberikan pengalaman yang nyata bagi para murid tentang Indonesia.

 

“Indonesia merupakan tetangga dekat kami, kami ingin mempromosikan pemelajaran bahasa dan budaya itu. Murid kami adalah generasi penerus kami, dan sangatlah penting bagi kami untuk terus mengadopsi pendidikan dan kekayaan lainnya di Indonesia,” katanya.

 

Indonesian Day menampilkan sejumlah kegiatan seni dan budaya yang dikemas untuk menarik minat murid tentang Indonesia. Kegiatan ini juga mengajak para murid untuk merasakan langsung pengalaman dan semangat seni dan budaya Indonesia.

 

"Seperti, bermain angklung, menorehkan canting batik di atas kain, memperagakan gerakan pencak silat, menirukan gerakan tari bali, dan mendengarkan cerita sejarah hubungan Australia-Indonesia melalui story telling," tulis KJRI Sydney.

 

Kali ini IGtS dilaksanakan oleh KJRI Sydney dengan dukungan dari berbagai pihak di antaranya Australia Indonesia Association (AIA) NSW, Balai Bahasa dan Budaya Indonesia (BBBI) NSW, Sanggar Tari Bali Saraswati, Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) New South Wales, Perguruan Pencak Silat Aman Sehat Ampuh Damai (PPS ASAD) Australia serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Sydney.

Read 225 times