Saturday, 23 September 2023 12:35

Indonesia Bahas Isu Myanmar dengan Palang Merah Internasional

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saling bertukar pandangan mengenai situasi di Myanmar, dengan Presiden International Committee of the Red Cross (Palang Merah Internasional/ICRC), Mirjana Spoljaric. Keduanya bertemu di sela rangkaian Sidang Majelis Umum PBB ke-78 di New York, Jumat (22/9/2023).

“Dalam pertemuan, Mirjana menyampaikan apresiasi atas dukungan Indonesia untuk ICRC selama ini dan berharap dapat lebih memperkuat hubungan Indonesia dan ICRC melalui berbagai kerja sama dan dialog,” kata Retno dalam keterangan Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/9/2023). 

Terkait Myanmar, Retno Marsudi menyampaikan bahwa Konsensus Lima Poin (5PC) tetap menjadi rujukan utama penyelesaian isu Myanmar. Retno juga menjelaskan upaya dan aksi konkret yang telah dilakukan Indonesia selaku Ketua ASEAN untuk isu Myanmar khususnya penyaluran bantuan kemanusiaan ke Myanmar.

“Indonesia akan terus berkomitmen membantu rakyat Myanmar termasuk setelah keketuaannya berakhir, melalui mekanisme Troika,” katanya. 

Selain itu, keduanya juga membahas berbagai upaya yang dapat dilakukan ASEAN dan ICRC untuk membantu rakyat Myanmar. 

Mirjana Spoljaric adalah seorang diplomat Swiss dan perempuan pertama yang menjabat sebagai Presiden ICRC. Ia resmi menjabat sebagai presiden ICRS pada Oktober 2022. 

Read 173 times