Sunday, 24 September 2023 10:08

RRI Voice of Indonesia Gelar Sarasehan GCM Tingkatkan Kepedulian WNI terhadap Pemilu

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta: Kepala Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Voice of Indonesia Soleman Yusuf mendorong peningkatan pemahaman masyarakat Indonesia di luar negeri terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Indonesia. Hal itu ia sampaikan Terkait penyelenggaraan Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih (GCM) di Hong Kong, Minggu (24/9/2023).

“Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih berupaya memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri, termasuk hampir 200 ribu orang yang tinggal di Hong Kong dan Macau,” kata Soleman.

Pemilu 2024, baik eksekutif maupun legislatif sudah semakin dekat. Saat ini tahapan untuk Pemilu di luar negeri telah berjalan mulai dari pembentukan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), pendaftaran pemilih, serta pemutahiran data pemilih.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memproyeksikan pemilih luar negeri pada Pemilu 2024 sebanyak hampir dua juta orang. Jumlah ini tidak jauh berbeda dari saat Pemilu 2019 lalu yakni sebanyak 2.058.191. Dari jumlah ini, sekitar 200ribu orang bertempat tinggal di wilayah kerja Konsulat Jenderal RI di Hong Kong merangkap Macau.  

Soleman Yusuf mengatakan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri perlu mengetahui dan memahami nilai penting dari penyelenggaraan Pemilu di dalam negeri.

“LPP RRI Voice of Indonesia akan memainkan perannya sebagai media untuk mengedukasi pemilih tentang pentingnya pemilu,” katanya.

Dia juga mengatakan partisipasi aktif pemilih luar negeri dalam memilih pemimpin bangsa pada pemilu tanggal 14 Februari 2024 nanti sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa dan negara.

"Memilih para pemimpin bangsa kita itu menjadi penentu bagi keberlanjutan masa depan kita," imbuhnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan komitmen Voice of Indonesia, dalam mendampingi pemilih khususnya pemilih muda menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, dengan cara memberikan informasi yang benar, mendidik, dan mencerdaskan terkait Pemilu 2024.

"Agar warga negara kita menjadi pemilih yang cerdas, maka mereka harus mengerti aturannya, prosesnya, dan memahami calon pemimpin seperti apa yang ingin dipilih. Nah, itu merupakan tugas LPP RRI Voice of Indonesia untuk menyajikan informasi yang benar," kata Soleman.

Gelar wicara, Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih diselenggarakan di Ruang Ramayana KJRI Hong Kong, Wilayah Administratif Khusus Republik Rakyat Tiongkok, pada Minggu (24/9/2023).

Sarasehan mengangkat tema “Menuju Pemilih Cerdas” dan dihadiri oleh sejumlah narasumber yaitu Acting Konsul Jenderal RI Hong Kong merangkap Macau Slamet Nugroho, Ketua PPLN Hong Kong Agustinus Guntoro, Anggota Panwaslu Hong Kong Yessi Kapitan, serta Ketua Pendiri IDN Global Chapter Hong Kong dan Macau Nathalia Widjaja.  

Selain itu hadir juga Ketua Dewan Pengawas LPP RRI Anwar Mujahid Adhy Trisnanto, Direktur Program dan Produksi LPP RRI Mistam, serta lebih 150 peserta sarasehan yang mewakili PPI, PMI dan Masyarakat Indonesia di Hong Kong.

Read 291 times