Wednesday, 27 September 2023 16:47

Wapres RI Dorong Penambahan Kuota Haji Asal Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong agar Arab Saudi dapat menambah kuota haji bagi jamaah asal Indonesia. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi di sela perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke-93 di Jakarta, Senin (25/9/2023).

“Salah satu harapannya yang paling pokok itu adalah penambahan kuota haji bagi Indonesia," katanya. 

Ia menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang terjadi selama lebih kurang 2 tahun telah membuat antrean haji jamaah asal Indonesia menjadi panjang. “Selama 2 tahun itu antrean makin panjang. Saya kira itu selama ini pembicaraan yang terjadi antara Bapak Wakil Presiden dengan Bapak Dubes Arab Saudi,” tambahnya.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah al Amodi mengatakan Kerajaan Arab Saudi melakukan koordinasi erat dengan Pemerintah Indonesia terkait pelayanan ibadah haji melalui program Insiatif Rute Mekkah. Program ini, menurutnya, memungkinkan jamaah menyelesaikan prosedur masuk ke Arab Saudi di bandara negara asal.

“Kedua belah pihak ingin memperkuat koordinasi ini dan meningkatkan efisiensinya di berbagai isu,” katanya.

Inisiatif Rute Mekkah adalah program Kerajaan Arab Saudi yang mempermudah jamaah calon haji dari beberapa negara, termasuk Indonesia, untuk melakukan ibadah haji.  

Read 251 times