Saturday, 07 October 2023 11:06

Semarak Resepsi Diplomatik HUT RI dan TNI ke-78 di Beograd Cerminkan Kehangatan Hubungan Indonesia-Serbia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beograd menggelar Resepsi Diplomatik dalam rangka peringatan HUT RI dan TNI yang ke-78 pada Kamis (5/10/2023). Upaya ini dilakukan untuk menjaga momentum semakin eratnya hubungan Indonesia-Serbia.

Resepsi Diplomatik KBRI Beograd dihadiri sejumlah pejabat tinggi Serbia antara lain First Deputy Prime Minister sekaligus Menteri Luar Negeri, Ivica Dacic, dan Menteri Pembangunan Daerah Regional, Edin Djerlek, para Kepala Perwakilan dan kalangan diplomatik serta organisasi internasional, kalangan usaha, mitra kerja lainnya serta friends of Indonesia di Serbia.

“Kerja sama Indonesia-Serbia tidak hanya tercermin dalam peningkatan perdagangan, namun juga mencakup penguatan hubungan politik, pertukaran budaya dan kerja sama pendidikan,” kata Duta Besar RI di Serbia Mochammad Chandra Widya Yudha, dalam keterangan KBRI Beograd yang diterima di Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Tahun 2023 ditandai peningkatan hubungan dalam berbagai sektor, antara lain peningkatan volume perdagangan sebesar 227% dalam paruh pertama tahun 2023 dibandingkan tahun lalu. Kolaborasi kedua negara juga menghasilkan pengukuhan dokumen "The First Summit of the Non-Aligned Movement in Belgrade" sebagai UNESCO's Memory of the World.

“Selain itu, aksesi Serbia terhadap Treaty of Amity and Cooperation in South East Asia (TAC) menceminkan pengakuan Serbia atas prinsip-prinsip dan nilai-nilai ASEAN yang dipromosikan dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023,” tulis KBRI Beograd.

Eratnya hubungan sosial budaya Indonesia-Serbia juga tercermin nyata pada pentas budaya dalam Resepsi Diplomatik yang secara keseluruhan melibatkan secara penuh kalangan masyarakat Serbia yang menampilkan Bahasa Indonesia, Budaya Indonesia dan Kesenian Indonesia. Pelibatan ini mencakup kelompok paduan suara, sanggar tari hingga kelompok gamelan.

“Jalinan kemitraan dan kerja sama di berbagai sektor semakin membuka kesempatan interaksi people-to-people-contact”, ujar Dubes Chandra.

Lebih lanjut menurutnya, people-to-people-contact yang dibina secara berkesinambungan melalui fasilitasi berbagai beasiswa dari pemerintah kedua negara, juga telah semakin meningkatkan pemahaman satu sama lain, sebagai modal dasar peningkatan diplomasi Indonesia dan Serbia ke tahap lebih lanjut.

Read 261 times