Tuesday, 10 October 2023 09:43

Indonesia Dorong Brasil Mulai Rundingkan Perjanjian IM-CEPA

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendorong Brasil untuk segera memulai perundingan perjanjian ekonomi komprehensif Indonesia dengan MERCOSUR Comprehensive Economic Patnership Agreement (IM-CEPA). MERCOSUR memiliki anggota yang terdiri Argentina, Brasil, Paraguay dan Uruguay.

 

"Sangat penting untuk memulai negosiasi Indonesia - MERCOSUR Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA), hambatan perdagangan – termasuk hambatan tariff dan non-tariff harus dihapus," kata Menlu RI Retno Marsudi dalam press briefing pada Senin (9/10/2023) di Jakarta.

 

Selain itu, Menlu RI berharap Brasil akan berinvestasi dalam pengembangbiakan ternak sapi di Indonesia serta membuka akses kelancaran masuknya produk perikanan dalam negeri.

 

"Kita meminta Brasil membuka akses untuk produk perikanan Indonesia," ucapnya.

 

Tak hanya itu, Indonesia mengajak Brasil berkolaborasi mengembangkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi, kerja sama dalam energi terbarukan termasuk pengembangan ethanol (biofuel) dan perkebunan tebu, serta kolaborasi riset (R&D) dalam meningkatkan produksi biofuel. Lalu, kerja sama dalam sains dan inovasi teknologi, khususnya untuk mendukung ketahanan pangan dan energi.

Read 253 times Last modified on Tuesday, 10 October 2023 12:08