Friday, 13 October 2023 14:09

Minggu Depan, Presiden Joko Widodo Akan Lawat 2 Negara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri pertemuan Belt and Road Forum atau Forum Sabuk dan Jalan ke-3, yang akan dilaksanakan pada 17 hingga 18 Oktober 2023 di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Penyelenggaraan Forum ini akan menjadi peringatan 10 tahun Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI).

“Sampai saat ini Presiden masih dijadwalkan untuk hadir di acara tersebut belum ada pemberitahuan mengenai rencana lain. Artinya sejauh ini Presiden sudah confirm akan hadir di dalam acara tersebut,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan yang disampaikan di Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, pertemuan di Beijing itu memiliki makna penting bagi Indonesia dalam mendukung upaya pembangunan di dalam negeri. Menurutnya, program pembangunan nasional membutuhkan sinergi dengan banyak pihak, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Bagi Indonesia acara ini terkait dengan pembangunan infrastruktur di dalam negeri. Kita ingin membangun infrastruktur sebaik mungkin di dalam negeri dan kita sadar bahwa itu tidak bisa kita lakukan tanpa sinergi baik dengan pihak-pihak di dalam negeri maupun di luar negeri,” katanya.

Selain ke Beijing, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Dewan Kerja Sama Negara-negara Teluk (GCC) yang akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2023 mendatang di Riyadh, Arab Saudi.

Menurut Lalu Muhammad Iqbal, selain menghadiri forum tersebut, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan kunjungan resmi dan bertemu Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Muhammed bin Salman Al Saud.

“Hingga saat ini Presiden confirmed dijadwalkan untuk hadir di dalam KTT ASEAN JCC dan juga memanfaatkan kesempatan berada di Riyadh, Presiden dijadwalkan untuk melakukan kunjungan resmi bilateral dan pihak Saudi Arabia sudah mengkonfirm bahwa akan menerima kunjungan resmi Presiden tersebut di Riyadh,” katanya.

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H Amodi mengatakan KTT ASEAN-GCC diharapkan dapat mempererat hubungan dan kerja sama yang selama ini sudah terjalin antar kawasan. (Ndy)

Read 194 times