Friday, 13 October 2023 16:40

Belanda Tekankan Pentingnya Kolaborasi dengan Indonesia di Bidang Lingkungan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Indonesia memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan lingkungan yang telah disepakati secara global pada Persetujuan Paris 2015. Ketua Tim Kebijakan Iklim Kementerian Luar Negeri Belanda Stephanie Roels mengatakan dibutuhkan kolaborasi dan berbagi tanggung jawab untuk bisa mencapai tujuan ini.

“Dan alasan kami datang dengan delegasi yang cukup banyak adalah karena Indonesia adalah pemain kunci dalam mencapai tujuan lingkungan yang kita sepakati secara global di Paris pada tahun 2015,” katanya dalam talkshow ‘Renewable Energy and Climate Change’ pada sesi penutupan Week of Indonesia Netherlands Education and Research (WINNER) 2023 di Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Ia menjelaskan, banyak tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan global tersebut. “Kita tidak berada pada jalur yang sama dan ada berbagai cara untuk mencapai tujuan-tujuan ini. Teknologi yang dapat diterapkan juga akan berbeda di tiap negara,” katanya.

Ia pun menyampaikan komitmen Belanda untuk bekerja bersama Indonesia agar tujuan Perjanjian Paris dapat dicapai bersama. Menurutnya, Belanda menawarkan format kerja sama yang berbeda kepada Indonesia, dimana seluruh pihak dari kedua negara harus dilibatkan.

“Melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari Belanda maupun Indonesia pada saat yang sama. Ini mencakup pejabat pemerintah, pihak swasta, ilmuwan dan peneliti, hingga masyarakat sipil, serta para investor,” tutupnya.

Read 250 times