Friday, 13 October 2023 21:14

Investasi Bidang Energi Bantu Indonesia Capai Ambisi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Investasi di sektor pengembangan energi dapat membantu Indonesia mencapai ambisi nol emisi karbon pada tahun 2050. Ketua Tim Kebijakan Iklim Kementerian Luar Negeri Belanda, Stephanie Roels, mengatakan, Belanda merupakan salah satu negara yang memiliki ketertarikan untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya di bidang produksi energi surya lepas pantai.

"Salah satu bidang yang berkembang pesat di Indonesia adalah produksi energi surya lepas pantai. Ini dibuktikan dengan ditanda tanganinya kontrak dengan perusahaan Belanda HyET Solar untuk pengembangan ThinFilm dan fotovoltaik. Hal ini dapat membantu Indonesia mencapai ambisinya," katanya dalam talkshow 'Renewable Energy and Climate Change' saat sesi penutupan Week Indonesia Netherland Education Research (WINNER) 2023 di Jakarta, Kamis (12/10). 

Tahun lalu, Indonesia dan Belanda menandatangani Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan. Menurut Stephanie Roels, saat ini terdapat lebih dari seratus perusahaan, baik dari Indonesia maupun Belanda, yang sedang berdiskusi untuk meninjau potensi ekonomi dari potensi iklim. 

"Indonesia dan Belanda memiliki keunggulan yang sangat menonjol. Mereka mencakup pemangku kepentingan yaitu pejabat pemerintah, dunia usaha, serta ilmuwan dan peneliti yang bekerja sama, pernah belajar atau melakukan penelitian di Belanda," katanya.

Ia mengatakan, peluang ini merupakan keuntungan bagi Indonesia dan Belanda karena akan mempermudah upaya saling memahami sehingga tujuan pembangunan transisi energi bisa mencapai hasil yang diinginkan.

Read 227 times