Thursday, 19 October 2023 22:03

Menlu RI Soroti Pentingnya Investasi Pengembangan SDM

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyoroti pentingnya investasi pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk dapat mencapai target Visi Indonesia Emas 2045. Menurutnya, di tengah lanskap dan perubahan tren global, pencapaian Visi Indonesia Emas 2045 membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi terhadap gangguan dan tantangan, serta kemampuan untuk melihat peluang yang muncul.

 

"Kunci dari upaya ini adalah investasi pada sumber daya manusia melalui pendidikan berkualitas tinggi, pengembangan landasan ekonomi yang kuat, tata kelola yang berkualitas, dan demokrasi yang efektif," katanya dalam sambutan kunci pada Pembukaan Kongres ke-5 Indonesianis Dunia yang dipantau dari Jakarta, Kamis (19/10/2023).

 

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai negara yang akan menjadi pemain besar pada 2045, Indonesia harus memanfaatkan statusnya yang terus berkembang sebagai negara dengan kekuatan menengah yang lebih besar.

 

"Kita perlu memanfaatkan kekuatan budaya kita sebagai kekuatan pemersatu dan diplomasi lunak dan pada saat yang sama mengembangkan hubungan pertahanan dan diplomasi untuk menavigasi dunia yang semakin kompleks," katanya.

 

Tahun ini Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan ke-78. Menlu Retno mengatakan, selama 78 tahun, Indonesia telah melalui perjalanan yang penuh dengan tantangan dan prestasi.

 

"Indonesia telah muncul sebagai negara perekonomian terbesar di Asia Tenggara yang berakar pada fundamental yang kuat," jelasnya.

 

Ia mengatakan, Indonesia terus mendorong demokrasi dan keterlibatan masyarakat yang aktif. Indonesia, menurutnya, juga telah menjelma menjadi kekuatan menengah yang terus memperluas diplomasi dan berkomitmen pada perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan global.

Read 258 times