Friday, 20 October 2023 20:27

ASEAN dan GCC Solid Dukung Solusi Damai di Palestina

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan negara-negara yang tergabung dalam Gulf Cooperation Council (GCC) telah mengaksesi Traktat Persahabatan dan Kerja Sama (Treaty of Amity and Cooperation). Menurutnya, hal ini menunjukkan komitmen kuat negara-negara GCC untuk mendukung pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

 

Begitu pula sebaliknya, menurut Retno, Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) pun berkomitmen mendukung pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah. 

 

"Para pemimpin ASEAN dan GCC mempunyai keprihatinan yang sama atas perkembangan terkini di Palestina," kata Menlu Retno pernyataan bersama dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan al-Saud, usai KTT ASEAN-GCC, sebagaimana dikutip dari keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

 

Lebih lanjut Menlu Retno mengatakan, Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya mendesak penghentian kekerasan, fokus pada isu kemanusiaan, dan tidak lupa mengatasi akar permasalahan yaitu pendudukan ilegal Israel terhadap tanah Palestina.

 

"ASEAN dan GCC juga berdiri kokoh dalam mendukung solusi damai bagi Palestina. Posisi ini tercermin dalam Pernyataan GCC-ASEAN tentang Perkembangan di Gaza," kata Menlu Retno.

 

Lebih lanjut, Retno Marsudi mengatakan ASEAN juga telah mengeluarkan Pernyataan Menteri Luar Negeri tentang eskalasi kekerasan di Timur Tengah. Pernyataan para Menteri Luar Negeri ASEAN itu, menurutnya, mendesak penghentian kekerasan dengan segera, membentuk koridor kemanusiaan, menunjukkan dukungan ASEAN terhadap solusi dua negara, dan menyerukan perlindungan dan keamanan bagi seluruh warga ASEAN.

 

Selain itu, Menlu Retno mengatakan, ASEAN dan GCC memberikan perhatian khusus terhadap isu pekerja migran. Menurutnya, Join Statement ASEAN-GCC Riyadh Summit menegaskan kembali kontribusi positif tenaga kerja Asia Tenggara dalam membangun pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan pembangunan di kawasan GCC.

 

"Oleh karena itu, kami sepakat untuk berkolaborasi dalam mendorong mobilitas tenaga kerja yang tertib, aman, teratur dan bertanggung jawab, serta dalam memerangi perdagangan manusia sehubungan dengan praktik perekrutan," tutupnya.

Read 219 times Last modified on Friday, 20 October 2023 20:32