Monday, 30 October 2023 14:50

Indonesia Dorong Pengembangan Kerja Sama dengan Lithuania

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis di kantor Kementerian Luar Negeri di Jakarta. Menlu Retno mengatakan tahun ini menandai 30 tahun hubungan diplomatik kedua negara, sehingga harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk meningkatkan hubungan kerja sama.

Lithuania dan Indonesia secara geografis berjauhan.Namun kami memiliki komitmen yang sama terhadap nilai-nilai fundamental demokrasi, perdamaian dan pembangunan berkelanjutan,” katanya dalam keterangan bersama usai pertemuan, di Kantor Kementerian Luar Negeri RI Jakarta, Senin (30/10/2023).

Di bidang perdagangan, hingga pertengahan tahun 2023, kerja sama Indonesia-Lithuania meningkat 43 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Namun demikian, menurut Retno, jumlah ini belum menunjukkan potensi sebenarnya dari kerja sama kedua negara.

Untuk meningkatkan perdagangan dua arah dan memastikan lebih banyak manfaatperdagangan yang seimbang, saya meminta dukungan Menteri Landsbergisdalam memudahkan lebih banyak produk Indonesia masuk pasar Lithuania, termasuk karet, kertas dan furnitur berbahan dasar kayu,” katanya.

Lebih lanjut Menlu Retno menyambut baik minyak kelapa sawit Indonesia yang menjadi salah satu komoditas ekspor utama ke Lithuania. Menurutnya, hampir 800 perkebunan di Indonesia telah menerima sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

“Saya percaya Indonesia akan mampu memberikan lebih banyak minyak sawit berkelanjutan ke Lithuania dan ke pasar Eropa yang lebih luas,” katanya.

Lebih lanjut, Menlu Retno juga menyampaikan apresiasi atas perluasan investasi industri penerbangan Lituania di Bandara Ngurah Rai Bali, termasuk penerbangan charter dan angkutan udara yang baru.

Menlu Retno juga menyoroti kerja sama bidang pendidikan dan kerja sama teknologi informasi. Terkait hal ini, ia mengatakan, kedua Menlu memfokuskan pembahasan tentang peningkatan kerja sama antar universitas melalui penelitian bersama dan program gelar ganda.

Tahun ini, Indonesia juga telah membuka kembaliBeasiswa Darmasiswa untuk pelajar Lithuania, dansudah ada 73 alumni Lithuania dari Beasiswa Darmasiswa ini,” katanya.

Menlu Retno juga mendorong kerja sama yang lebih kuat untuk mengembangkan teknologi informasi untuk sistem transportasi darat dan udara, serta memperkuat kemitraan keamanan siber, melalui pembangunan kapasitas sumber daya manusia.

Read 228 times Last modified on Monday, 30 October 2023 14:53