Monday, 30 October 2023 15:06

Menlu RI Ajak Lithuania untuk Ikut Mendorong Penghentian Kekerasan di Palestina

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengajak Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis untuk turut serta dalam upaya menghentikan kekerasan di Palestina. Menurutnya, hal itu dibutuhkan untuk memudahkan masuknya bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

“Saya mengajak Lithuania untuk ikut serta dalam seruan penghentian segera serangan terhadap warga sipil, dan untuk menjamin kelangsungan hidup yang aman dan berkelanjutan serta bantuan kemanusiaan tanpa hambatan,” katanya dalam keterangan yang disampaikan usai pertemuan bilateral dengan Gabrielius Landsbergis, di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Menlu Retno mengatakan dalam 3 minggu, lebih dari 7.000 orang warga Palestina terbunuh di Gaza dimana 68 persen merupakan perempuan dan anak-anak. Menurutnya, pembunuhan dan permusuhan ini harus segera dihentikan.

“Apakah jumlah ini tidak cukup untuk menghentikan pembunuhan, dan memulai gencatan senjata kemanusiaan yang segera, tahan lama, dan berkelanjutan, yang mengarah pada penghentian permusuhan?” katanya.

Dirinya pun mengajak semua pihak untuk mempertahankan keadilan dan kemanusiaan. “Pendudukan ilegal Israel di Palestina harus diakhiri berdasarkan parameter yang disepakati secara internasional,” tutupnya.

Read 236 times