Thursday, 02 November 2023 15:16

Diplomatic Forum ke-46 Bahas Kolaborasi Pariwisata di ASEAN

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

VOInews, Bandung: Voice of Indonesia RRI kembali menggelar talkshow Diplomatic Forum. Acara ini mempertemukan para diplomat dan pemangku kepentingan untuk membahas sejumlah isu baik regional maupun internasional.

Diplomatic Forum ke-46 dilaksanakan di Ballroom Hotel Papandayan Bandung, Jawa Barat, pada Rabu 2 November 2023. Tema yang diangkat kali ini adalah “ASEAN as Single Destination : Its Opportunities and Challenges” atau ASEAN sebagai Destinasi Tunggal Wisata, Peluang dan Tantangannya.

Kepala Voice of Indonesia RRI, Soleman Yusuf, mengatakan di tengah situasi global yang sangat dinamis, sektor pariwisata terbukti mampu berkontribusi terhadap perekonomian negara khususnya Indonesia dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Menurutnya, Indonesia bersama negara-negara ASEAN harus bekerja sama untuk memaksimalkan potensi yang ada.

"Negara-negara ASEAN perlu bekerja sama dalam satu visi ASEAN sebagai tujuan wisata tunggal untuk memaksimalkan potensi yang ada. Hanya dengan kerja sama dalam satu visi ASEAN sebagai tujuan wisata tunggal, kontribusi sektor pariwisata terhadap ekonomi negara-negara ASEAN semakin meningkat," katanya.

Soleman Yusuf berharap talkshow Diplomatic Forum kali ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak yang berkepentingan untuk berbagi pengalaman dalam upaya meraih target pembangunan, khususnya melalui sektor pariwisata.

"Kita berharap, Diplomatic Forum kali ini menjadi ajang untuk berbagi pengalaman, khususnya pengalaman dalam memaksimalkan peluang dan mengatasi tantangan pengembangan pariwisata. Kita juga harapkan, ASEAN Single Destination dapat menjadi salah satu pendorong pengembangan pariwisata kita," tambahnya.

Diplomatic Forum menghadirkan narasumber Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini; Direktur Kerja Sama Sosial-Budaya ASEAN, Kementerian Luar Negeri, Yuliana Bahar; serta Duta Besar Malaysia untuk ASEAN, Dato' Nur Izzah Wong Mee Coo.

Read 282 times