Friday, 08 December 2023 14:07

Klub Diskusi Kazakhstan-Indonesia Bahas Pengembangan Kerja Sama Kedua Negara

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta: Kedutaan Besar Republik Kazakhstan untuk Republik Indonesia menggelar klub diskusi pada Rabu (6/12/2023), di Jakarta, dalam rangka merayakan 30 tahun hubungan diplomatik Kazakhstan dan Indonesia. Diskusi digelar untuk menyoroti pertumbuhan dan masa depan hubungan bilateral kedua negara.

 

Dalam kegiatan yang diikuti oleh perwakilan badan pemerintahan, akademisi dan ahli, serta media tersebut, Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia, Serzhan Abdykarimov, menyampaikan kemajuan signifikan dalam pengembangan hubungan komprehensif kedua negara dalam 30 tahun terakhir.

 

"Dibuktikan dengan peningkatan substansial dalam perputaran perdagangan, perjalanan wisatawan, kontak bisnis dan manusia, serta pengembangan dialog politik," kata Serzhan dalam keterangan resmi Kedutaan Kazakhstan yang diterima di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

 

Sementara itu, Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jatmiko Prasetyo, mengapresiasi strategi ekonomi baru Kazakhstan, menekankan pentingnya diversifikasi ekonomi dan ekspansi hubungan perdagangan dan investasi internasional untuk kerja sama dan integrasi regional. Dirinya pun menyoroti potensi ekonomi yang signifikan antara kedua negara yang belum sepenuhnya direalisasikan.

 

"Ada peluang dalam ekstraksi logam tanah jarang yang menjanjikan," kata Jatmiko.

 

Ia pun menekankan bahwa ekspansi kemitraan ekonomi dengan Indonesia akan memungkinkan Kazakhstan untuk memperkuat hubungannya dengan wilayah Asia tenggara yang penting dan berkembang dinamis.

Read 174 times