Friday, 08 December 2023 18:21

Indonesia dan Swedia Bahas Transisi Ramah Lingkungan dalam Sweden-Indonesia Sustainability Partnership 2023

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Kedutaan Besar Swedia dan Business Sweden di Indonesia, menyelenggarakan konferensi Sweden-Indonesia Sustainability Partnership (SISP) yang keempat di Jakarta pada 6 hingga 8 Desember 2023. Dalam sambutannya, Duta Besar Swedia untuk Indonesia Daniel Blockert menyoroti tantangan perubahan iklim yang dihadapi dunia, dan menggaris bawahi pentingnya konferensi ini dalam mendukung upaya melawan pemanasan global di Indonesia.

 

“Kita berbicara mengenai intervensi yang mungkin kita coba, kemungkinan adanya transportasi elektrik, suplai energi di berbagai daerah di Indonesia dan mendapatkan lebih banyak energi hijau,” katanya dalam sambutan pada SISP 2023, Jumat (8/12/2023) di Jakarta.

 

Ia menjelaskan, transisi ramah lingkungan selain dapat mengatasi tantangan kenaikan suhu 1,5 derajat celsius juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam kerja sama Indonesia dan Swedia, yaitu masa depan yang berkelanjutan.

 

“Dengan kolaborasi yang erat, kita dapat menuju transisi ramah lingkungan, yang memacu pertumbuhan ekonomi sekaligus menjaga keseimbangan lingkungan,” katanya.

 

Sweden-Indonesia Sustainability Partnership 2023 merupakan platform dialog berbagai pihak untuk menjalin kolaborasi antara Swedia dan Indonesia guna mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari Agenda Pembangunan Berkelanjutan (TPN) 2030. Konferensi SISP berfungsi sebagai wadah bagi para pemimpin dari pemerintah, akademisi, dan sektor swasta untuk bertemu dan berbagi pengalaman di berbagai sektor yang bernaung di bawah tema keberlanjutan.

 

Komisioner Perdagangan Swedia Erik Odar menggarisbawahi komitmen Swedia untuk menyediakan solusi mutakhir untuk mendukung upaya transisi hijau Indonesia. Menurutnya SISP juga berfungsi sebagai platform yang ideal untuk memperkuat kemitraan bisnis berkelanjutan antara Swedia dan Indonesia.

 

Didalam forum ini juga ditandatangani sejumlah Nota Kesepahaman (MoU), antara lain mengenai kerja sama sektor transportasi berkelanjutan. MoU ini ditandatangani oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transformasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Rahmat Kaimuddin dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia Daniel Blockert.

Read 222 times Last modified on Friday, 08 December 2023 18:27