Friday, 08 December 2023 18:45

Indonesia dan Swedia Tanda Tangani Kerja Sama Transportasi Berkelanjutan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta: Pemerintah Indonesia dan Swedia menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Kerja Sama di Sektor Transportasi Berkelanjutan. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transformasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Rahmat Kaimuddin dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia Daniel Blockert, dalam acara Sweden-Indonesia Sustainability Partnership (SISP) 2023, di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

“Dalam kerangka ini kami akan terus berupaya melakukan transisi sektor transportasi dengan fokus pada keberlanjutan, keselamatan, teknologi ramah lingkungan yang inklusif, dan tata kelola,” kata Menteri Infrastruktur Swedia Andreas Carlson dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual.

Ia menjelaskan bahwa penandatangan MoU tersebut juga menjadi bukti komitmen kedua negara untuk melakukan upaya bersama dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Ia pun menjelaskan bahwa perubahan iklim menjadi tantangan besar saat ini yang telah meningkatkan urbanisasi dan tekanan besar terhadap iklim dan lingkungan akibat penggunaan energi yang berlebihan.

“Ini adalah panggilan untuk solusi baru dan inovatif yang dapat membantu kita membangun masyarakat menghadapi masa depan berkelanjutan. Industri kita memainkan peran penting untuk mewujudkan ini,” katanya.

Dirinya mengatakan bahwa Swedia memiliki banyak perusahaan ternama dunia yang terdepan dalam transisi energi. Dirinya pun menyampaikan komitmen Swedia untuk mendukung rencana Indonesia untuk pembangunan berkelanjutan.

“Swedia berkomitmen untuk mendukung rencana ambisius Indonesia untuk pembangunan berkelanjutan sebagai bagian dari kerja sama kami untuk mewujudkan komitmen kami terhadap perjanjian Paris dan tujuan pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Selain MoU Kerja Sama di Sektor Transportasi Berkelanjutan, didalam SISP 2023 juga ditandatangani sejumlah MoU antar pelaku bisnis, diantaranya Kerja Sama Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan di sektor Transportasi, Energi, Pengelolaan Limbah dan Kesehatan; MoU Proyek Pilot Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang di Indonesia Timur; dan Kemitraan strategis untuk distribusi air bersih.

Read 274 times