Monday, 11 December 2023 18:46

RRI Kumpulkan Media Publik Negara ASEAN untuk Dorong UMKM

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

VOInews, Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPL RRI) menggelar pertemuan dan diskusi regional dengan tema “The Role of ASEAN Public Media in Supporting MSMEs in the Region”. Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat mendorong peran UMKM sebagai motor penggerak perekonomian di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

 

"Acara ini berfungsi sebagai platform bagi kita untuk menjalin kolaborasi yang bermakna dan mengeksplorasi bagaimana kita, sebagai media publik, dapat bekerja sama untuk mendorong kemajuan ekonomi di negara-negara ASEAN masing-masing," katanya dalam sambutan yang disampaikan pada pembukaan pertemuan, di Bali, Senin (11/12/2023).

 

Dirinya pun menyoroti peran media publik dalam mendorong peningkatan peran UMKM. Menurutnya, media publik memiliki potensi untuk berkontribusi mendorong pembangunan perekonomian melalui UMKM.

 

"Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memanfaatkan kekuatan media publik untuk mendorong UMKM dan memberikan mereka visibilitas, dukungan, dan sumber daya yang mereka perlukan untuk berkembang," katanya.

 

Hendrasmo menjelaskan, di Indonesia, terutama pada saat pendemi, UMKM telah menjelma menjadi tulang punggung perekonomian. Untuk itu, LPP RRI dengan jaringan yang dimiliki hingga ke seluruh pelosok Indonesia terus bekontribusi membangun hubungan antara UMKM dan masyarakat.

 

"RRI di berbagai daerah terus menjadi penyambung berbagai kegiatan UMKM dengan konsumen. Contohnya dengan menggelar program khusus untuk UMKM di banyak Gedung RRI di berbagai daerah, termasuk menyediakan ruang pameran untuk produk UMKM," katanya.

 

“The Role of ASEAN Public Media in Supporting MSMEs in the Region” dilaksanakan selama 3 hari sejak 11-13 Desember 2023 di Tuban, Bali. Kegiatan yang digelar secara hybrid ini diikuti oleh sejumlah media publik dari negara-negara ASEAN.

 

Kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah pembicara yaitu Dr. Haida Baba Zain dari RTM Malaysia, Paham Thi Ha (Voice of Vietnam), Naomi Tiburcio (PTNI/PTV Filipina), H.E. Dr. Sles Nazy (Kamboja), dan perwakilan dari Thailand serta Timor Leste.

Read 239 times