Friday, 22 December 2023 22:04

Kedubes Iran Rayakan Festival ‘Malam Yalda’ di Jakarta

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

VOInews, Jakarta: Kedutaan Besar Iran menggelar Festival ‘Malam Yalda’ sebagai perayaan malam terpanjang dan tergelap, saat teman dan keluarga berkumpul untuk makan, minum, dan membaca puisi.

“Saya senang sekali malam ini di Indonesia bersama masyarakat Iran, para pejabat Indonesia, masyarakat Indonesia, kemudian para duta besar. Saya benar-benar menikmati “Malam Yalda” ini dikarenakan suasananya berbeda dan kami juga menikmati karya seni dan musik masyarakat Indonesia,” kata Wakil Presiden Iran Ensiyeh Khazali yang turut menghadiri ‘Malam Yalda’, di Jakarta, Kamis (21/12/2023)

Sementara itu Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Boroujerdi menjelaskan ‘Malam Yalda’ merupakan tradisi kuno yang didedikasikan untuk menghormati orang yang lebih tua dan menjunjung kesucian nilai-nilai keluarga.

“Yalda merupakan permadani hidup dan warisan sejarah, nasional dan agama kami,” kata Dubes Boroujerdi.

Dubes Boroujerdi juga mengatakan pertemuan malam, khususnya malam-malam panjang di musim gugur dan musim dingin, dalam tradisi Iran, berfungsi sebagai ruang komunal untuk bercerita. Serta, permainan dan makan bersama.

“Dalam Islam, dan khususnya seperti yang ditekankan oleh Nabi kita yang terhormat, pertemuan sosial mempunyai tempat yang sangat dihormati,” ujarnya. 

Festival “Malam Yalda” juga dimeriahkan dengan penampilan grup musik “Farhang”, yang didatangkan langsung dari Teheran. Di sela kedatangannya ke Jakarta, grup musik ini juga akan berbincang dengan RRI Voice of Indonesia untuk berbagi pengalaman dan keindahan budaya Iran.

Festival ‘Malam Yalda’ dihadiri komunitas Iran di Jakarta, perwakilan pemerintah Indonesia serta para duta besar negara sahabat. 

Read 175 times