Tuesday, 23 January 2024 12:43

Buku Diaspora Bangga Berbangsa Ungkap Kontribusi Diaspora dalam Pembangunan Nasional

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta: Indonesian Diaspora Network (IDN) Global menggelar bedah buku Diaspora Bangga Berbangsa karya Fenty Effendy, Sabtu, di Jakarta. Buku itu menceritakan pencapaian diaspora Indonesia selama satu dasawarsa dan sejumlah isu yang menjadi perhatian diaspora di luar negeri.

Salah satu pembedah dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ganewati Wuryandari, mengatakan Diaspora Indonesia telah melakukan berbagai upaya nyata untuk berkontribusi dalam membangun bangsa. Menurutnya banyak diaspora Indonesia yang sudah menyumbangkan tenaga, pikiran, bahkan aset mereka demi kemajuan bangsa.

"Buku ini juga menceritakan berbagai upaya IDN Global dan para anggotanya dalam melakukan kegiatan yang sifatnya nyata, untuk ikut serta serta menyumbangkan tenaga, pikiran, bahkan aset mereka untuk kemajuan bangsa. Jadi bangga sekali. Menarik ya. mulai dari program smart desa, sampai tadi sudah disampaikan ada tujuh ribu lebih pengguna aplikasi smart untuk pembangunan desa" ujar Ganewati dalam acara yang digelar secara hybrid itu.

Dirinya pun mendorong publikasi lebih jauh terkait upaya diaspora Indonesia dalam mendukung pembangunan nasional. Menurutnya upaya ini dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan media sosial.

Read 173 times