Thursday, 01 February 2024 21:53

Simbol 65 Tahun Persahabatan, Dubes RI dan Putri Takamado Tanam Pohon Sakura

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: KBRI Tokyo bekerja sama dengan Ikebana International dan Ikebana Tokyo Founding Chapter menggelar acara Jamuan Teh Petang dan Penanaman Pohon Sakura di Wisma Duta Besar RI Tokyo, Kamis (1/2/2024). Penanaman Pohon Sakura ini dilakukan oleh Duta Besar Republik Indonesia Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Yang Mulia Putri Takamado beserta sejumlah tamu kehormatan.

 

Acara ini juga dihadiriIstri Perdana Menteri Jepang, Yuko Kishida, Istri Chief Cabinet Secretary Jepang, Yuko Hayashi, Penasihat Kehormatan Tokyo Founding Chapter (TFC), Etsuko Hattori, Presiden Ikebana Internasional, Tomoko Takada, Presiden TFC Miyoko Watanabe, para istri duta besar asing serta korps diplomatik.

 

Dalam sambutannya, Dubes Heri memastikan Penanaman Pohon Sakura ini menjadi penanda persahabatan Indonesia-Jepang. Pohon yang ditanam, menurutnya, juga akan menambah koleksi pohon Sakura di Wisma Duta.

 

"Penanaman Bunga Sakura oleh Yang Mulia Putri Takamado tidak hanya akan dikenang sebagai penutup peringatan 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang sepanjang tahun 2023, tetapi juga sebagai penanda dekat dan kuatnya hubungan antar bangsa Indonesia dan Jepang. Pohon ini akan menambah koleksi 10 pohon Sakura di Wisma Duta," ujar Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

 

Ia menambahkan, penanaman pohon Sakura juga menjadi saksi kedekatan hati kedua negara. “Sebelumnya pada 7 September 2023 lalu, Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio sepakat meningkatkan status hubungan bilateral kedua negara menjadi ‘Kemitraan Strategis Komprehensif.’ Acara hari ini adalah testimoni dari kedekatan hati Indonesia dan Jepang," katanya.

 

Sementara itu dalam sambutannya Yang Mulia Putri Takamado mengaku senang berkesempatan menanam Pohon Sakura di Wisma Duta. Selain menjadi sebuah kehormatan, ia menyebut, penanaman Pohon Sakura ini menjadi simbol persahabatan Indonesia Jepang.

 

Dalam kesempatan yang sama, Nuning Akhmadi yang juga menjabat Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI Tokyo menyampaikan apresiasi kepada Tokyo Founding Chapter dan Ikebana Internasional atas kerja sama yang telah terjalin, utamanya saat kegiatan Charity Bazaar.

 

Kegiatan penanaman pohon Sakura juga diramaikan dengan penampilan Tari Oleg Tamulilingan yang merupakan tari tradisional Bali. Tamu undangan juga berkesempatan melihat paparan merangkai bunga oleh Sita Laretna berjudul ‘Mayasari Indonesia Flower and Janur Arrangement’ secara virtual.

Read 148 times