Saturday, 03 February 2024 17:31

Indonesia Sampaikan Komitmen Bantu Palestina dan Dorong Uni Eropa Lakukan Hal yang Sama

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kembali mengangkat isu Palestina dalam Forum Menteri Uni Eropa Indo-Pasifik (EU Indo-Pacific Ministerial Forum) ke-3 di Brussels, Belgia. Dalam sambutan pada acara tersebut, ia mengatakan, ASEAN dan Uni Eropa (UE) harus berada di garda depan dalam menjaga konsistensi menghormati hukum internasional guna mencegah segelintir negara menguasai seluruhnya (the mighty takes all).

“Hal ini termasuk di dalam isu Palestina di mana lebih dari 7 dekade bangsa Palestina terus menghadapi ketidakadilan,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Ia menegaskan bahwa Indonesia tidak akan tinggal diam dan akan terus membantu perjuangan bangsa Palestina mendapatkan haknya apa pun tantangan yang harus dihadapi.

Dirinya pun menyerukan kepada UE untuk menggunakan nurani menghentikan kekejaman di Palestina.

“Sebagai pendukung hukum internasional, Uni Eropa harus konsisten dalam isu Palestina karena konsistensi antara nilai dan perbuatan menunjukkan moralitas kita yang sesungguhnya,” katanya.

Dalam keterangannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menyampaikan agar negara-negara yang menunda dukungan keuangan bagi Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) untuk dapat mempertimbangkan kembali posisinya.

“Jangan sampai keputusan tersebut menjadi “collective punishment” kepada rakyat Palestina. Indonesia mendukung dibentuknya investigasi yang independen, kredibel, dan transparan untuk membuktikan tuduhan yang disampaikan kepada sejumlah pekerja UNRWA secara appropriate,” katanya.

Dirinya pun mengajak seluruh negara untuk menggunakan kompas moral dalam upaya untuk memperkuat kemitraan bagi terciptanya perdamaian dan stabilitas serta kemakmuran.

 

Read 110 times Last modified on Saturday, 03 February 2024 18:05