Saturday, 03 February 2024 17:42

Menlu RI: Indonesia dan ASEAN Berkomitmen Jaga Stabilitas Indo-Pasifik

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Indonesia dan Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) berkomitmen untuk terus menjadi kontributor utama dalam menciptakan dan menjaga perdamaian serta kemakmuran di Indo-Pasifik. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat berbicara dalam sesi Roundtable I pada Forum Menteri Uni Eropa Indo-Pasifik ke-3 di Brussels, Belgia.

“ASEAN telah memiliki konsep yaitu AOIP (ASEAN Outlook on The Indo-Pacific) dan ASEAN juga telah mulai mengimplementasikannya pada saat keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Dirinya juga menekankan bahwa ASEAN membuka pintu untuk bermitra dengan semua pihak termasuk dengan Uni Eropa.

“Dan saya jelaskan mengenai prioritas-prioritas kerja sama yang diinginkan ASEAN sesuai AOIP, yaitu konektivitas, infrastruktur, pencapaian SDGs, perdagangan, dan investasi,” katanya.

Hal lain yang juga ia tekankan pada pertemuan Roundtable itu adalah mengenai pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional dan multilateralisme. Menlu Retno mengatakan ASEAN dan Uni Eropa merupakan mitra dalam menjaga keberlangsungan penghormatan terhadap hukum internasional.

“Penghormatan terhadap hukum internasional ini harus berlaku untuk semua isu, baik Ukraina maupun Palestina dan Gaza. Konsistensi dalam penerapan kembali saya tekankan,” tutupnya.

Read 121 times