Tuesday, 20 February 2024 21:43

Menlu Retno Terima Medali Emas Kemerdekaan Pers pada Puncak Peringatan HPN

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Medali Emas Kemerdekaan Pers diberikan oleh oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024, Selasa (20/2/2024), di Jakarta. (Foto: Kemlu RI)

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menerima penghargaan Medali Emas Kemerdekaan Pers dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional, Selasa (20/2/2024) di Jakarta, yang dihadiri oleh Presiden RI. Penghargaan ini diperoleh atas peran Retno Marsudi, sebagai pimpinan Kementerian Luar Negeri dalam terus mendorong peningkatan kualitas jurnalisme Indonesia.

"Termasuk melalui penyelenggaraan Adam Malik Awards (AMA)," tulis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI di laman resmi.

 

Ketua Umum PWI, Hendri CH Bangun, mengatakan penghargaan juga diberikan kepada Menlu Retno atas kontribusi besar sebagai Srikandi Diplomasi Indonesia. Menlu Retno dinilai telah berhasil membawa diplomasi Indonesia menjadi semakin bermartabat dan mendunia.

 

"Melalui keberhasilan Indonesia dalam menjalankan Presidensi G20 pada tahun 2022, serta saat memegang Keketuaan ASEAN pada tahun 2023 lalu dan juga isu Palestina," tulis Kemlu RI.

 

Medali Emas Kemerdekaan Pers diterima oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Nugraha Mansury, mengingat Menlu Retno sedang berada dalam perjalanan dari Doha menuju Rio De Janeiro, Brasil, untuk menghadiri pertemuan para Menteri Luar Negeri G20, selepas kehadirannya di Pertemuan dengan Sekjen PBB membahas situasi di Afghanistan.

 

"Menlu Retno menyampaikan apresiasi tinggi atas penghargaan ini. Penghargaan ini dipersembahkan Retno untuk seluruh tim Kementerian Luar Negeri," tulis Kemlu.

 

Sebelumnya, Medali Emas Kemerdekaan Pers juga pernah diberikan kepada sejumlah tokoh nasional seperti Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Panglima TNI Djoko Santoso, dan Ketua BNPB Letjen Dony Monardo. (Post: Rama)

Read 102 times