Friday, 23 February 2024 13:12

Menparekraf Ajak Diaspora di Melbourne Dukung Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Menparekraf Bertemu SportNXT Bahas Potensi Kerja Sama Sport Tourism Indonesia-Australia

 

VOInews, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan kerja ke Melbourne untuk mempromosikan pariwisata Indonesia sekaligus menjajaki potensi kolaborasi dengan pemangku kepentingan di Victoria, Melbourne.

 

Kunjungan kerja dimulai dengan tur ke paviliun “Wonderful Indonesia” pada pameran pariwisata terkemuka di kawasan Asia Pasifik, Asia Pacific Incentives and Meetings Event (AIME), yang berlangsung di Melbourne Convention and Exhibition Centre, Australia. Paviliun ‘Wonderful Indonesia’ menghadirkan sejumlah pelaku industri Meetings, Incentives, Conventions and Events (MICE) Indonesia.

 

Sandiaga juga menemui para diaspora Indonesia di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne. Ia mengatakan, Diaspora Indonesia memberikan pengaruh atas peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya dari Australia yang bertambah sejak berakhirnya pandemi COVID-19.

 

“Teman-teman diaspora ini sangat besar pengaruhnya dalam promosi Indonesia kepada masyarakat mancanegara. Oleh karena itu, hari ini saya ingin melantik seluruh teman-teman yang hadir menjadi Duta Indonesia di Victoria” kata Sandiaga dalam keterangan KJRI Melbourne yang diterima di Jakarta, pada Selasa (23/2/2024).

 

Dalam rangkaian kegiatannya tersebut, Sandiaga juga bertemu dengan Melbourne Convention Bureau (MCB) guna membahas potensi kerja sama di bidang MICE. Kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan pada mitra kunci di Australia, yaitu Anggota Parlemen Steve Dimopoulos danTim Pallas serta Hamish Anderson dari SportNXT.

 

“Diskusi ini difokuskan untuk menjelajahi peluang kolaborasi konkret di masa depan antara Indonesia dan Victoria dalam pariwisata dan pertukaran budaya, terutama melalui media gelaran olahraga dan hiburan,” jelas KJRI Melbourne.

 

Tak hanya itu, Sandiaga Uno pun meluangkan waktunya untuk bertemu dengan Asosiasi Kuliner Indonesia di Viktoria (ICAV) untuk mendiskusikan inisiatif strategis guna mendorong diplomasi kuliner Indonesia, khususnya melalui program Indonesia Spice Up the World (ISUTW).

 

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke Australia merupakan upaya Indonesia untuk memperkuat hubungan dengan Australia dan memanfaatkan kekuatan pariwisata dan industri kreatif untuk membangun jembatan antar bangsa.(VOI/DANIEL/ANDY ROMDONI)

Read 90 times Last modified on Saturday, 24 February 2024 08:13