Tuesday, 05 March 2024 18:18

Kemlu RI Pastikan WNI ABK Fukuei-maru Selamat

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memastikan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) Kapal Penangkap Ikan Tuna Fukuei-maru nomor 8 selamat. Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

“Seluruh WNI/ABK selamat dan telah dievakuasi menggunakan helikopter JCG (Japan Coast Guard) Shimoda ke RS terdekat di Kozushima, Tokyo. Satu orang luka, namun sudah dalam perawatan,” kata Iqbal.

Kapal Penangkap Ikan Tuna Fukuei-maru Nomor 8 mengalami kecelakaan dan kandas di Kepulauan Izu, Tokyo, Jepang, pada Minggu (3/3/2024). Menurut Iqbal, KBRI Tokyo telah menerima informasi dari Japan Coast Guard (JCG) di Shimoda, Shizuoka, mengenai kecelakaan kapal tersebut.

“Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Kagoshima di Prefektur Kagoshima dengan jumlah total kru 25 orang yang terdiri atas 1 kapten, 2 orang officer serta 22 ABK. Dari ke-25 orang tersebut, 20 diantaranya WNI,” katanya.

Iqbal menjelaskan KBRI telah berkoordinasi dengan agensi pengirim para ABK serta JCG Shimoda dan akan berkoordinasi untuk langkah-langkah ke depan.

“Sementara ini seluruh WNI akan diantarkan ke KBRI Tokyo pada tanggal 7 Maret untuk disiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan,” tutupnya.

Read 80 times