Wednesday, 04 September 2024 07:21

Menhub Harap Indonesia Bisa Jadi Produsen Kereta Api Yang Mendunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews.id, Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap Indonesia dapat menjadi produsen kereta api terkemuka dunia.

"Saya berharap fungsi INKA dapat ditingkatkan, sehingga bisa menjadi produsen kereta api yang mendunia,” kata Menhub saat menghadiri pembukaan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Menhub juga berharap agar ke depan Indonesia tidak lagi hanya menjadi pengguna kereta api, namun juga bisa menjadi produsen yang ikut berkompetisi di kancah global.

Menurut dia, pembangunan sektor perkeretaapian di tanah air hingga saat ini sudah berada di jalur yang tepat untuk menyongsong Indonesia Maju.

Menhub menuturkan, saat ini Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat signifikan pada sektor perkeretaapian. Salah satu perkembangan tersebut tercermin dengan telah beroperasinya Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung sejak tahun lalu.

“Kita tahu bersama Kereta Cepat Whoosh itu menjadi buah bibir, bukan hanya di tanah air saja, tapi juga di Asia bahkan di Eropa. Masyarakat internasional membicarakan bagaimana Whoosh itu sukses dengan kecepatan dan keandalannya,” ujar Menhub dalam acara yang mengusung tema 'Driving Sustainability with Digital Innovation'.

Karena itu, menurut Menhub, semua pihak harus memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin dengan menjalin kerja sama dan hubungan yang lebih erat satu sama lain.

ARCEOs’ Conference, lanjut Menhub, merupakan perhelatan besar dan menjadi momen strategis untuk memperkenalkan inovasi dan layanan yang mumpuni di sektor perkeretaapian.

"Saya mengapresiasi PT KAI dan pemangku kepentingan terkait yang telah menyelenggarakan ajang ini," ujar Menhub dalam keterangan di Jakarta.

Dia berharap dengan pertemuan dari ajang tersebut dapat meningkatkan kolaborasi antarnegara, yang pada akhirnya bisa menciptakan ekosistem perkeretaapian yang makin modern, berkelanjutan, ramah lingkungan, dan berorientasi pada pelayanan.

Menhub menambahkan, perkembangan sektor perkeretaapian juga terjadi di kawasan perkotaan, di mana saat ini Indonesia telah mengoperasikan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek dan LRT Palembang, serta yang terbaru ada Trem Otonom di IKN yang telah diuji coba.

Terkini, lanjut Menhub, Pemerintah juga tengah berupaya untuk memperluas jaringan Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta yang diharapkan bisa menunjang mobilitas masyarakat yang semakin tinggi.

Lebih lanjut Menhub menuturkan, penggunaan kereta api di Indonesia sejatinya sudah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat. Pasalnya, moda transportasi ini mudah diakses dan punya harga yang terjangkau.

“Saya minta PT KAI untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat," kata Menhub.

 

Antara

Read 5 times