Saturday, 15 September 2018 11:45

Presiden Jokowi Ajak Perempuan Indonesia Jadi Ibu Bangsa

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Presiden Joko Widodo membuka ICW Presiden Joko Widodo membuka ICW rri.co.id/Munarsih

Presiden Joko Widodo Jumat sore di Yogyakarta membuka secara resmi 2 pertemuan kaum perempuan, yaitu sidang umum ke-35 International Council of Women, ICW dan pertemuan nasional pertama kalinya seribu pimpinan organisasi perempuan dari seluruh Indonesia.Presiden meyakinkan kepada para perempuan bahwa Indonesia merupakan negara besar dan didalamnya banyak kaum perempuan memiliki prestasi besar.Pemerintahnya yang menempatkan 9 dan  kini  tinggal  8 perempuan menteri dalam kabinet juga merupakan bukti perhatian besar terhadap kaum perempuan.Karena itu presiden mangajak perempuan Indonesia menjadi Ibu Bangsa Sejati.

“Inilah yang saya maksudkan  sebagai Ibu bangsa, yang mendidik anak- anak kita, sebagai penerus masa depan  bangsa, yang, memperbaiki mentalitas  bangsa ini. Yang menjaga moral warga dan masyarakat, yang menjaga alat untuk anak cucunya, yang menggerakkan ekonomi warga dan masyarakat. Jadi  saya setuju Ibu   Giwo menyampaikan istilah emak – emak  Ibu bangsa. Saya ingat  jadilah Ibu  Bangsa Hai perempuan  Indonesia,” kata Jokowi.

Sementara itu Ketua Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, sesungguhnya tugas menjadi ibu bangsa merupakan suatu kehormatan karena misinya adalah mempersiapkan generasi bangsa yang unggul, berkarakter dan kompetitif. Konsep Ibu Bangsa itu sendiri telah dicanangkan oleh para perempuan pejuang sebelum kemerdekaan Indonesia.

“Sesungguhnya peran Ibu bangsa  bukanlah sebuah beban, melainkan sesuatu kehormatan, yakni  berupa  tugas mempersiapkan  generasai muda yang berkarakter, unggul, berdaya saing, inovatif, kreatif  serta memiliki wawasan kebangsaan   yang militan. Dan    kami tidak mau kalau perempuan – perempuan Indonesia  yang sudah mempunyai konsep ibu bangsa  sejak tahun 1935, sebelum kemerdekaan  kalau dibilang emak – emak.”

Pertemuan seribu pimpinan organisasi perempuan seluruh Indonesia pertama kali diselenggarakan oleh Kowani didukung kementerian BUMN dan 15 BUMN.Pertemuan itu diselenggarakan bersamaan dengan sidang umum ke-35 International Council of Women, ICW, organisasi perempuan dunia yang kini berusia 130 tahun.Munarsih Sahana RRI melaporkan./Marno

Read 459 times Last modified on Saturday, 15 September 2018 19:45