Thursday, 15 February 2018 15:18

RI, Malaysia, dan Filipina Mendorong Pentingnya Pertukaran Informasi Strategis

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Kesepakatan kerja sama “Our Eyes“ yang dilakukan antara  Indonesia, Malaysia, dan Filipina semakin memperkuat komitmen 3 negara untuk melakukan pengawasan di kawasan Asia Tenggara secara terpadu. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pemberitaan, Pusat Komunikasi Publik, Kementerian Pertahanan RI, Kolonel CZI Heru Prayitno, di Balai Media Kementerian Pertahanan Jakarta, Kamis (15/2). Menurut Heru Prayitno, kesepakatan itu untuk menekankan pentingnya saling bertukar informasi strategis dalam pengamanan di kawasan..

Indonesia, Malaysia, dan Filipina sepakat untuk melaksanakan kerja sama trilateral dalam bidang pengamanan di kawasan utara kita itu, ditambah 3 negara lain Singapura, Thailand dengan Brunei sebagai Observers Dengan adanya launching Our Eyes Initiatives di Bali, ketiga Negara Observers sudah bergabung di dalam Our Eyes Initiatives, dan ini sudah ditandatangani kesepakatannya di Singapura kemarin pada saat Menteri (Pertahanan) ke Singapura”.

Beberapa poin penting dari kerja sama “Our Eyes“, menurut Kolonel Heru, adalah mengidentifikasi ancaman dan tantangan yang sedang berkembang, seperti terorisme, radikalisme, dan ekstrimisme yang dapat merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan Selain itu, menjawab isu keamanan maritim melalui pertukaran informasi strategis. Ahmad Faisal VOI RRI

Read 1524 times Last modified on Thursday, 15 February 2018 16:31