Wednesday, 21 August 2019 00:00

Pesona Bukit Cikidang

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Daratan Tinggi Dieng. Daratan Tinggi Dieng. Foto : images.kontan.co.id

Dataran tinggi Dieng (DTD) adalah dataran dengan aktivitas vulkanik di bawah permukaannya, seperti Yellowstone di Amerika Serikat ataupun Dataran Tinggi Tengger. Bentuk Kawah di dataran tinggi Dieng adalah kaldera dengan gunung-gunung di sekitarnya sebagai tepinya. Terdapat banyak kawah sebagai tempat keluarnya gas, uap air dan berbagai material vulkanik lainnya. Keadaan ini sangat berbahaya sekaligus menarik untuk disaksikan. Secara biologi, aktivitas vulkanik di Dieng menarik karena ditemukan di Sumber mata air panas di dekat kawah beberapa spesies bakteri termofilik ("suka panas") yang dapat dipakai untuk menyingkap kehidupan awal di bumi.

Dataran Tinggi Dieng merupakan gunung berapi raksasa dengan telaga-telaga dan kawah-kawah bekas letusan yang dihuni penduduk. Kawah-kawah ini masih menunjukkan aktivitas vulkanik, seperti Kawah Sikidang Dieng. Kawah yang terletak di tanah datar ini, pada waktu tertentu, rata-rata sekali dalam 4 tahun, akan berpindah atau seolah-olah melompat dalam satu kawasan seperti karakter kijang yang suka melompat atau kidang dalam bahasa Jawa kuno.

Kawah Sikidang Dieng termasuk obyek wisata unggulan Dieng yang wajib dikunjungi. Di antara kawah-kawah lainnya di Dieng, Kawah Sikidang adalah yang paling mudah dicapai dan dinikmati karena terletak di tanah datar. Anda pun dapat melihat aktivitas gunung berapi berupa lumpur vulkanik yang meletup-letup disertai gas beracun yang mengepul berbentuk asap putih pekat. Itu lah sebabnya masker menjadi alat penting bagi Anda yang ingin menikmati sensasi aktifitas Lumpur vulkanik ini. Untuk Anda yang suka dengan petualangan menantang, Kawah sikidang merupakan destinasi wisata yang memicu adrenalin Anda.

Read 1125 times Last modified on Wednesday, 21 August 2019 12:11