Monday, 26 August 2019 00:00

Pulau Selayar, Sulawesi Selatan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Pulau Selayar Pulau Selayar Foto : manadopostonline.com

Sulawesi Selatan tidak hanya memiliki hasil lautnya yang berlimpah tetapi juga ada pesona alam yang dapat anda kunjungi ketika berada di Sulawesi selatan, yaitu Pulau Selayar. Pulau Selayar merupakan pulau kecil yang berada di Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Ibukota Kabupaten Selayar adalah Kota Benteng. Perjalanan menuju Pulau Selayar memerlukan waktu sekitar 10 jam dari Kota Makasar.

Pulau Selayar memiliki pantai-pantai dengan pasir putih yang sangat halus seperti, Pantai Pamatata, Pantai Tanaera, Pantai Lansangireng, Pantai Taloiya, Pantai Pabadilang, Pantai Rampang-Rampangan, dan Pantai Labuang Nipaiya.

Tidak hanya keindahan pantai, Pulau Selayar juga menyajikan panorama bawah laut yang indah di Taman Nasional Takabonerate. Di sini ada karang atol dengan luas 220.000 hektar dan merupakan karang atol terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia.

di Pulau Selayar anda juga dapat melihat keunikan yang terdapat di Perkampungan Toa Bitombang yang merupakan perkampungan tertua di Pulau Selayar. Keunikan dari perkampungan ini adalah rumah-rumah beratap bambu dengan penopang kayu yang tinggi, Tiang-tiang rumah menggunakan kayu Bitti atau Holasa yang memilii kualitas yang baik, itu sebabnya rumah-rumah di perkampungan ini tetap kokoh walaupun telah berusia ratusan tahun.

Keunikan lain dari desa ini adalah penduduknya yang sebagian besar berusia di atas 90 tahun tetapi masih dapat melakukan aktivitas produktif seperti beternak dan berkebun. Keindahan pantai, laut, bangunan, kebudayaan, aktivitas masyarakat dan berbagai keunikan alam dan masyarakat merupakan pesona Pulau Selayar yang menarik untuk dilihat dan dinikmati.

Read 2782 times Last modified on Monday, 26 August 2019 10:21
More in this category: « Sego Cawuk Kain Karawo »