Wednesday, 25 March 2020 00:00

Ragam Obat Tradisional dalam Naskah Sunda Kuno

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI WARNA WARNI Saat ini, masyarakat Indonesia mulai melirik kembali obat-obatan tradisional untuk menumbuhkan imunitas tubuh. Fenomena ini salah satunya dikarenakan oleh merebaknya pandemi Coronavirus (COVID-19) di Indonesia supaya memaksa orang berperilaku hidup sehat. Dilansir dari laman UNPAD, jika dilihat dari sisi sejarah, tanaman herbal sudah banyak dipergunakan nenek moyang Indonesia untuk pengobatan tradisional. Hal ini banyak tertuang dalam naskah kuno Nusantara, termasuk di antaranya pada naskah Sunda. Menurut Dosen Departemen Filologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran Dr. Elis Suryani Nani Sumarlina, M.S., ada beberapa naskah kuno Sunda yang mengungkap seluk beluk tanaman obat dan pengobatan tradisional.

Pengobatan tradisional terkuak lewat naskah Sunda kuno abad 16 Masehi, Kropak 421 yang berisi mantra penangkal, Darmapamulih (mantra pengobatan), juga pada Kropak 409 . Naskah tersebut berbahan lontar juga memanfaatkan aksara dan bahasa Sunda Kuna. Naskah ini menguak tumbuhan yang berfungsi sebagai penangkal serangan penyakit beserta cara pengobatannya.Pada naskah ini, sejumlah tanaman herbal seperti jenis-jenis kunyit, temulawak, juga kunir diungkap manfaatnya. Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri, yang berkhasiat menumbuhkan daya tahan tubuh. Kunir selain menumbuhkan kekebalan tubuh, mengobati demam, diare, antikanker dan scabies, mencegah depresi, mengatasi peradangan, mencegah alzheimer, maag, menghambat kerusakan kromosom, menjaga kekuatan otak, menurunkan depresi, dan menjaga gula pada penderita diabetes. 

Ada pula disebutkan khasiat dari tanaman lainnya, seperti rumput teki sebagai obat jantung, asma, dan kanker, daun sembung untuk menyembuhkan flu, batang secang sebagai obat radang dan demam, juga babadotan untuk mengatasi demam dan malaria. Tentang imunitas tubuh, naskah tersebut juga mengatakan sejumlah nama tanaman, anatar lain sirsak, daun katuk, kencur, daun binahong, jahe, buah jeruk, hingga kayu manis. Untuk menyembuhkan batuk, jahe, asem, adas, hingga asparagus adalah beragam tanaman yang bisa dipergunakan. Dr. Elis menyampaikan, bawang putih dan bawang merah juga dapat dipergunakan untuk menumbuhkan imunitas tubuh. Dalam naskah disebutkan, bawang putih dan jahe diparut, ditambah sedikit garam. Hasil campurannya disebutkan berkhasiat menyembuhkan penyakit paru-paru basah.

 

 

Read 2689 times Last modified on Wednesday, 25 March 2020 11:30