Friday, 17 April 2020 05:39

SIRIP Ikan, Sistem Informasi Potensi Perikanan Karya Mahasiswa ITS

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO DETIK FOTO DETIK

Dengan luas wilayah laut mencapai 2,3 juta kilometer persegi, kekayaan laut Indonesia sangatlah besar. Apabila dikelola dengan benar, Indonesia dapat mandiri dalam memproduksi ikan laut tanpa perlu mengimpor dari negara lain. Melihat hal itu, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Alfian Bimanjaya mencoba membuat terobosan baru bernama Sistem Informasi Potensi Perikanan-SIRIPIKAN pada kompetisi bertaraf internasional Esri Young Scholars Award 2020 pada Maret lalu. Mahasiswa yang akrab disapa Alfian ini berhasil menggaet dua prestasi sekaligus. Ia berhasil keluar sebagai juara dua sekaligus juara favorit diantara para finalis

SIRIPIKAN dibuat dengan tujuan utama untuk memberikan Informasi geospasial tentang potensi perikanan sebagai upaya dalam meningkatkan efektivitas kegiatan penangkapan ikan dan kegiatan distribusi ikan. Selain itu, SIRIPIKAN juga hadir dengan memberikan beberapa fitur analisis spasial seperti analisis kedekatan, pencari arah, rute, dan waktu tempuh yang masih jarang disediakan oleh aplikasi sejenis lainnya saat ini.Dalam pembuatan SIRIPIKAN, Alfian memanfaatkan teknologi penginderaan jauh, khususnya citra satelit Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer untuk menentukan Zona Potensi Penangkapan Ikan. Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) juga digunakan untuk menganalisis dan menyajikan informasi geospasial pada sebaran Zona Potensi Penangkapan Ikan.

Alfian menjelaskan, dari fitur-fitur yang dimiliki, penggunaan SIRIPIKAN tidak hanya terbatas untuk nelayan saja sebagai penyuplai ikan tangkap, tetapi juga bisa digunakan oleh distributor maupun pedagang ikan. Masyarakat sebagai konsumen ikan juga bisa menggunakan teknologi ini, begitu juga dengan pemerintah sebagai pihak yang mengambil kebijakan. Kedepannya, SIRIPIKAN masih memerlukan banyak pengembangan, terutama dalam hal pembaruan data. Saat ini informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan masih tersedia periodik secara bulanan. Rencana kedepan adalah bisa menyediakan informasi ZPPI untuk setiap minggu, bahkan diperbaharui setiap hari.

Read 738 times