Friday, 01 May 2020 00:00

Pulau Lengkuas

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu tujuan wisata bahari di Indonesia. Disana ada beragam objek wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya pulau Lengkuas. Pulau cantik ini berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini dapat ditempuh dengan perahu motor selama kurang lebih 25 hingga 40 menit dari pantai Tanjung Kelayang. Pantai Tanjung Kelayang sendiri terletak 27 kilometer dari Tanjung Pandan, ibukota kabupaten Belitung. Tiba di pulau Lengkuas, deretan bebatuan granit pinggir pantai akan menyambut anda. Batuan endemik khas pulau Bangka Belitung ini seolah-olah memagari garis pantai.

ada beragam aktivitas wisata seru yang bisa anda lakukan di pulau Lengkuas. Misalnya saja, Anda bisa berkeliling pulau dengan perahu motor atau berjalan kaki menikmati keindahan pulau ini. Pulau Lengkuas memang pulau kecil, hanya seluas 1 hektar. Di pulau Lengkuas, anda bisa berenang, snorkeling dan diving, menikmati keindahan biota lautnya. Kalau kamu suka diving, cobalah ke lokasi bangkai kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1999. Lokasi ini menjadi salah satu spot favorit para penyelam. Kapal Indomarine sendiri sudah menjadi rumah terumbu karang dan ikan-ikan kecil berwarna-warni. 

selain menikmati keindahan alam pulau Lengkuas, bagi anda pecinta wisata sejarah, cobalah kunjungi kawasan Mercusuar. Mercusuar di Pulau Lengkuas ini dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintah Belanda. Sampai sekarang mercusuar ini masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang keluar masuk pulau Belitung. Dengan kontruksi baja dan batu bata, Mercesuar ini punya tinggi 52 meter dan 18 lantai. Untuk masuk, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000. Di setiap lantai terdapat jendela untuk melihat pemandangan luar. Letak jendelanya berbeda di setiap lantai. Jadi, anda bisa melihat keindahan Pulau Lengkuas dan pantainya dari setiap sudut yang berbeda. Setelah sampai di puncak, rasa lelah anda akan terbayar dengan keindahan pemandangan di sekeliling pulau Lengkuas. Ada lautan biru kehijauan dengan hiasan batuan granit di bibir pantai.

Read 1348 times Last modified on Saturday, 02 May 2020 21:51